KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQIH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V11 MTsN SUMBERAGUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

Indah Sri Rahayu, NIM.: 07410133 (2011) KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQIH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V11 MTsN SUMBERAGUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIk GURU FIQIH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V11 MTsN SUMBERAGUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIk GURU FIQIH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V11 MTsN SUMBERAGUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih yang positif dengan diikuti motivasi yang positif, ada juga yang sebaliknya yakni persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih yang negatif akan tetapi motivasi belajarnya positif dan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih yang positif dengan diikuti motivasi yang negatif. Maka dilakukan penelitian tentang korelasi persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru fiqih terhadap motivasi belajar siswa kelas V11 MTsN Sumberagung Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih, bagaimana motivasi belajar siswa dan adakah korelasi persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru fiqih terhadap motivasi belajar siswa kelas V11 MTsN Sumberagung Bantul tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V11 MTsN Sumberagung Bantul Sebanyak 159 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sempel 50% dari 159 siswa yaitu 80 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas. Analisis data dilakukan dengan mengunakan analisis korelasi sederhana Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Motivasi belajar siswa secara rata-rata ada pada taraf cukup baik dengan nilai mean 82,92 dan standar deviasi 11,01. (2) Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih secara rata-rata ada pada taraf cukup baik dengan nilai mean 56,05 dan standar deviasi 7,6. (3) Korelasi sederhana antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai R adalah 0,513 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa korelasi yang diberikan adalah pengaruh positif yang signifikan. Besarnya korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Fiqih dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai R Squere adalah 0.263 atau sama dengan 26,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogi, Guru, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:44
Last Modified: 21 Nov 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum