PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO SEWON BANTUL

Inarotul Ngaeniah, NIM.: 06410179 (2011) PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO SEWON BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PENDOWOHARJO SEWON BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan happy learning meliputi materi, metode dan hasil yang dicapai dengan pelaksanaan happy learning dalam pembelajaran al-Islam di SD Muhammadiyah Pendowoharjo Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Yaitu pendekatan yang diawali dari munculnya fenomena yang ingin diselidiki dengan seksama dan mendalam sehingga memperoleh esensi dari fenomena yang dimaksud. Pendekatan ini digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1. Pelaksanaan pembelajaran al-Islam di SD Muhammadiyah Pendowoharjo dengan Happy Learning dilakukan dengan cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran al-Islam dengan Happy Learning dilakukan dengan (a) Pengkondisian lingkungan belajar meliputi lingkungan fisik dan psikis, penumbuhan emosi positif, keterampilan belajar, pengaturan waktu dan penggunaan media. (b) metode yang digunakan dalam pembelajaran agama Islam dengan menggunakan Happy learning yaitu metode bercerita, ceramah, demonstrasi, field trip, diskusi, sosio-drama dan permainan. (c) materi yang ada dalam pembelajaran al-Islam meliputi aspek Ibadah, Tarikh, Akidah, Akhlak, Al-Qur’an, kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. 2. Hasil pembelajaran al- Islam dengan menggunakan Happy Learning meliputi ranah kognitif berupa penguasaan materi anak dan prestasi yang diperoleh dalam berbagai bidang. ranah afektif meliputi perubahan sikap mental dan perasaan beragama, dan pada ranah psikomotorik hasilnya meliputi perubahan pengalaman tindakan yang sesuai dengan nilai –nilai agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Happy Learning, Al-Islam, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:47
Last Modified: 21 Nov 2023 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum