PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP POTENSI KEBANGKRUTAN PADA SUBSEKTOR FARMASI KATEGORI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2017-2021

Alfathu Rosyidah Azzahro, NIM.: 19108030063 (2023) PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP POTENSI KEBANGKRUTAN PADA SUBSEKTOR FARMASI KATEGORI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2017-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP POTENSI KEBANGKRUTAN PADA SUBSEKTOR FARMASI KATEGORI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2017-2021)
19108030063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP POTENSI KEBANGKRUTAN PADA SUBSEKTOR FARMASI KATEGORI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2017-2021)
19108030063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang cukup signifikan dalam berbagai aspek terutama aspek ekonomi. Moderate raised pada industri farmasi menjadikan permintaan pada barang-barang yang memiliki substansi penanganan pandemi meningkat. Kebijakan maupun informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan terutama pada tingkat kesehatan perusahaan akan sangat diperlukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Untuk bisa menilai bagaimana kesehatan keuangan perusahaan dapat dianalisis dengan pendekatan Altman Z-Score. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi kesehatan keuangan pada subsektor farmasi yang terdaftar di ISSI baik sebelum pandemi atau pasca pandemi, serta menganalisis bagaimana pengaruh rasio yang digunakan pada pendekatan Altman terhadap potensi kebangkrutan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan software E-Views 12. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 9 perusahaan yang terdaftar di ISSI antara tahun 2017-2021. Dengan asumsi lima periode penelitian maka terkumpul 45. Hasil dari uji simultan menunjukkan bahwa rasio yang digunakan pada pendekatan Altman yaitu variabel WCTA,RETA,EBIITTA,MVBV, dan STA secara bersama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai Z-Score sebagai bentuk representasi dari potensi kebangkrutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rizaldi Yusfiarto, S.Pd., M.M.
Uncontrolled Keywords: Moderate Raised, Altman Z-Score, bankruptcy, kebangkrutan
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Nov 2023 11:47
Last Modified: 21 Nov 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum