QASAAS AL-ANBIYA DALAM Q.S HUDD DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MASA KINI (STUDI KOMPARATIF TAFSIR FI ZIILALL AL-QURANN KARYA SAYYID QUTBB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)

Sa’adatul Abadiyah, NIM.: 07530080 (2011) QASAAS AL-ANBIYA DALAM Q.S HUDD DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MASA KINI (STUDI KOMPARATIF TAFSIR FI ZIILALL AL-QURANN KARYA SAYYID QUTBB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (QASAAS AL-ANBIYA DALAM Q.S HUDD DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MASA KINI (STUDI KOMPARATIF TAFSIR FI ZIILALL AL-QURANN KARYA SAYYID QUTBB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (QASAAS AL-ANBIYA DALAM Q.S HUDD DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MASA KINI (STUDI KOMPARATIF TAFSIR FI ZIILALL AL-QURANN KARYA SAYYID QUTBB DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap kisah yang diceritakan dalam al-Qur’an tidak hanya menjadi bahan renungan untuk manusia, tetapi juga berperan sebagai pemberi contoh melalui objek pelaku dalam tiap kisah tersebut. Kisah para nabi yang notabene adalah para utusan Allah yang diturunkan pada masing-masing kaumnya yang diceritakan dalam Surat Hud ini patut untuk diteladani sebagai kisah orang shaleh yang menjadi kekasih Allah. Begitu pula untuk golongan orang-orang yang mendustai para utusan tersebut. Dari mereka, manusia bisa berkaca untuk tidak kembali melakukan kesalahan mereka di masa silam dengan melihat perbuatan apa yang telah dilakukan oleh mereka pada saat itu. Pada dasarnya, kisah yang ada dalam al-Qur’an sepenuhnya merupakan mediator untuk menyampaikan pesan Tuhan yang ada di dalamnya. Karenanya, penelitian ini diarahkan untuk mengungkap pesan yang ada di balik kisah para Nabinabi yang diceritakan dalam surat Hud. Mengingat bahwa pada surat Hud lah kisah para nabi utusan ini diceritakan lebih lengkap daripada surat lainnya. Untuk melakukan pembacaan pada kisah-kisah tersebut, penulis mengacu pada dua tokoh yakni Sayyid Qut}b dan Hamka, dengan rumusan masalah yang akan dipecahkan yaitu, bagaimana pandangan kedua tokoh tersebut tentang Qas}as} al-Anbiya’ dalam surat Hud serta bagaimana relevansinya terhadap kehidupan masa kini. Dipilihnya kedua tokoh ini sebagai obyek penelitian didasarkan pertimbangan yaitu karya keduanya yang termasuk ke dalam tafsir bercorak adabi ijtima’i. Corak seperti ini dinilai tepat untuk melihat bagaimana relevansi Qas}as} al-Anbiya’ terhadap kehidupan masa kini. Maka dari itu penelitian ini sangat urgen untuk melihat sisi perbedaan dan persamaan keduanya ketika menafsirkan Qas}as} al-Anbiya’ dalam surat Hud sesuai dengan setting sosial masing-masing mufassir untuk kemudian dilihat bagaimana relevansinya terhadap kehidupan saat ini. Metode yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah analisis komparatif. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi khazanah keilmuan Islam, terutama di bidang kajian tafsir al-Qur’an. Setelah penulis melakukan deskripsi dan analisis terhadap penafsiran keduanya atas Qas}as} al-Anbiya’, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa tema sentral yang disampaikan dalam Qas}as} al-Anbiya’ menurut kedua mufassir ini adalah ketundukan terhadap Allah sebagai satu-satunya pencipta alam semesta ini. Hal ini bertujuan untuk melepaskan manusia dari belenggu kekuasaan yang bukan berasal dari Allah. Dan dari kisah yang dipaparkan al-Qur’an mengenai Qas}as} al- Anbiya’, manusia dapat mengambil nilai moralnya yaitu hendaknya manusia mengindahkan seruan dan ajaran yang dibawa para rasul untuk kemudian diterapkan dalam kehidupannya. Hal ini bertujuan untuk membentengi manusia dari terulangnya kisah pahit yang terjadi pada kaum yang telah diceritakan dalam surat Hud ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahfudz Masduki, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kisah dalam Al-Qur’an, Tafsir Fi Zilal al-Qur’an, Tafsir al-Azhar
Subjects: Tafsir Al-Qur'an > Kisah dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:14
Last Modified: 22 Nov 2023 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62318

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum