PENEGAKAN ETIKA PROFESI DAN POLA PEMBINAAN ANGGOTA POLRI PELAKU PELANGGARAN: STUDI KASUS DI POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Cahyo Wicaksono, NIM.: 20200012027 (2023) PENEGAKAN ETIKA PROFESI DAN POLA PEMBINAAN ANGGOTA POLRI PELAKU PELANGGARAN: STUDI KASUS DI POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN ETIKA PROFESI DAN POLA PEMBINAAN ANGGOTA POLRI PELAKU PELANGGARAN: STUDI KASUS DI POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20200012027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN ETIKA PROFESI DAN POLA PEMBINAAN ANGGOTA POLRI PELAKU PELANGGARAN: STUDI KASUS DI POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20200012027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh Bidpropam Polda DIY dalam melakukan penegakan Kode Etik Profesi Polri dan untuk mengetahui hal-hal yang melatarbelakangi anggota Polri melakukan pelanggaran Kode Etik Profesi Polri serta untuk mengetahui bagaimana Pola pembinaan terhadap anggota Polri yang telah melakukan pelanggaran Kode Etik Polri tersebut. Etika profesi merupakan konsep yang harus diimplementasikan oleh profesi Polri agar siapapun dapat menjalankan perannya secara profesional, adaptif, dan bertanggungjawab. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini merupakan sebuah teknik penelitian empiris yang meneliti fenomena dalam latar belakang tidak tampak secara jelas. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus dalam penelitian kualitatif, peneliti mencoba untuk mengurai beragam fenomena tentang penegakan dan pembinaan etika profesi Polri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus pelanggaran Kode Etik Profesi Polri di Polda DIY pada tahun 2019 dan 2020 didominasi oleh pelanggaran Etika kepribadian yaitu kasus perselingkuhan, hal ini disebabkan tingkat moralitas pejabat polisi yang tidak sesuai dengan norma dan nilai dimasyarakat. Hal tersebut akan mempengaruhi citra Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta sebagai aparat penegak hukum yang profesional baru kemudian disusul dengan pelanggaran Etika kelembagaan yaitu kasus ketidakprofesionalan anggota Polri dan terakhir pelanggaran etika kemasyarakatan. Pola pembinaan yang dilakukan oleh Bidpropam Polda DIY terhadap pelanggar Kode Etik Profesi Polri adalah diimplementasikan dengan empat pendekatan utama meliputi pre-emtif, preventif dan represif serta upaya pembinaan dan pemulihan. Upaya pre-emtif dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi Kode Etik Profesi Polri dan pembinaaan etika profesi Polri kepada seluruh anggota Polri secara rutin dan berkesinambungan, Sedangkan upaya preventif yang dilakukan oleh Subbiddprovos Bidpropam dengan kegiatan penegakan ketertiban dan disiplin dengan memberikan teguran lisan dan tindakan fisik kepada oknum polisi yang melakukan pelanggaran disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS., M.A.
Uncontrolled Keywords: etika profesi; POLRI; Pelanggaran KEPP; Bidpropam Polda DIY
Subjects: Bimbingan Konseling
Akhlak - Etika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:34
Last Modified: 22 Nov 2023 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum