UNSUR BUDAYA JAWA DALAM TRADISI SLAMETAN DI GEREJA HATI KUDUS TUHAN YESUS GANJURAN (STUDI INKULTURASI GEREJA TERHADAP BUDAYA LOKAL)

Leo Setiawan, NIM.: 04521573 (2011) UNSUR BUDAYA JAWA DALAM TRADISI SLAMETAN DI GEREJA HATI KUDUS TUHAN YESUS GANJURAN (STUDI INKULTURASI GEREJA TERHADAP BUDAYA LOKAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UNSUR BUDAYA JAWA DALAM TRADISI SLAMETAN DI GEREJA HATI KUDUS TUHAN YESUS GANJURAN (STUDI INKULTURASI GEREJA TERHADAP BUDAYA LOKAL))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UNSUR BUDAYA JAWA DALAM TRADISI SLAMETAN DI GEREJA HATI KUDUS TUHAN YESUS GANJURAN (STUDI INKULTURASI GEREJA TERHADAP BUDAYA LOKAL))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Agama dan kebudayaan tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia, karena keduanya memiliki keterkaitan yang erat dan mempengaruhi satu sama lain. Hal ini disebabkan agama merupakan bagian dari sistem kebudayaan, dikarenakan kebudayaan suatu masyarakat berkaitkan dengan agama yang dianutnya. Pengaruh tersebut terlihat bahwa sebuah agama dapat menciptakan suatu kebudayaan baru dan sebaliknya kebudayaan juga dapat mempengaruhi agama manusia. Salah satunya tampak pada agama Islam di Jawa, yaitu terdapatnya unsur akulturasi budaya setempat dengan Islam semisal slametan. yang merupakan upacara keseharian orang Jawa seperti memperingati hari besar agama Islam, upacara peralihan dan pertanian. Upacara slametan sesungguhnya bukan hanya tradisi keagamaan umat Islam semata, tetapi slametan juga menjadi tradisi keagamaan Gereja Katolik di Ganjuran, yang merupakan inkulturasi Gereja terhadap budaya Jawa. Untuk itulah dalam slametan di Gereja Ganjuran menjadi suatu obyek penelitian untuk mengetahui secara mendalam bagaimana tatacara upacara slametan di Gereja Ganjuran, alasan upacara slametan dijadikan bagian dari liturgi ekaristi, serta inkulturasi liturgi ekaristi menjadi upacara slametan, dan apa tujuan di balik inkulturasi yang terdapat di Gereja Ganjuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya, pengumpulan data dengan dokumen setempat, wawancara dengan para aktor, para Imam, sekertariatan, Dewan Paroki, para Jemaat dan masyarakat Ganjuran. Kemudian observasi lapangan (pengamatan) dengan datang ke lokasi penelitian secara langsung. Hasil dari analisis penelitian ini menemukan sebuah prosesi slametan di Gereja Ganjuran yang merupakan liturgi ekaristi dengan bernuansa Jawa yang dipergunakan untuk memperingati hari jadi Gereja. Dalam pelaksanaanya terdapat suatu kemiripan dengan slametan garebeg Mulud di Kraton Yogyakarta. Proses slametan di Gereja Ganjuran adalah berupa liturgi ekaristi sebagai inkulturasi Gereja Katolik dengan budaya Jawa, agar liturgi ekaristi yang berupa slametan dapat dipahami oleh orang Jawa dikarenakan keduanya terdapat kesamaan pada makna dan fungsi. Inkulturasi untuk indegenisasi iman Katolik kepada orang Jawa dengan membentuk slametan sebagai liturgi ekaristi melalui simbol ekspresi budaya Jawa yang terdapat pada tatacara upacara dan benda- benda persembahan. Kemudian fungsi tersebut sebagai misi dalam pengembangan ajaran Katolik di masyarakat Jawa, dengan cara memasukkan iman Katolik berdasarkan kebudayaan setempat yaitu dengan penyesuaian iman dengan kebudayaan setempat melalui pengadopsian budaya setempat menjadi ajaran Gereja Katolik dan keterbukaan ajaran Gereja dengan kepercayaan lokal melalui inkulturasi yang mencakup segala aspek budaya, agar iman dapat tumbuh secara kualitatif dan ajaran Gereja Katolik bisa berkembang di tanah Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohamad Damami, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sistem Kepercayaan, Orang Jawa, Upacara Slametan
Subjects: Budaya dan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Nov 2023 10:08
Last Modified: 22 Nov 2023 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum