ISLAMISASI ILMU DAN IMPLEMENTASNYA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Atas Pemikiran Seyyed Hossein Nasr)

FITRI ISTIQLALIY AH, NIM. 99474143 (2004) ISLAMISASI ILMU DAN IMPLEMENTASNYA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Atas Pemikiran Seyyed Hossein Nasr). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ISLAMISASI ILMU DAN IMPLEMENTASNYA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Atas Pemikiran Seyyed Hossein Nasr))
99474143_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ISLAMISASI ILMU DAN IMPLEMENTASNYA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Atas Pemikiran Seyyed Hossein Nasr))
99474143_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dari segi bahasa Islamisasi atau lslami:::atiun berarti pengislarnan. 1 Definisi Islamisasi ilmu menurut Al-Attas adalah menghilangkan konsepkonsep Barat yang tidak Islami dan sekaligus proses memasukkan elemenelemen dan konsep-konsep Islam ke dalam elemen-elemen dan konsep .. konsep asing tersebut. 2 Sedangkan menurut Seyyed Hossein Nasr Islamisasi ilmu adalah berusaha untuk meneembangkan ilmu pcngctahuan scsuai dengan kerangka dan perspektif Islci1n .3 Kata lslam1sasi ilmu mcmpunyai definisi yang cukup banyak, jadi dalam konteks ini tidak perlu didefinisikan secara ketat.Penelitian ini dilakukan dengaP tujuan sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui pernikiran Seyyed Hossein Nasr tentang Islamisasi ilmu dan alternatif yang dibawanya. 2. Untuk mengetahui implementasi Islamisasi ilmu menurut Seyyed Hossein Nasr dalam kurikulurn pendi:iikan Islam. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah: I. Ikut serta memberi sumbangan kepada pendidikan Islam khususnya tentang solusi dalar,1 menghadapi problem yang berkaitan dengan penetrasi kemajuan ilrnu pengetahuan modern yang identik dengan Barnt dan dianggap sekuler. 2. Dari segi teoritik kependidikar., diharapkan dapat menambah perbendaharaan baru atau setidak-tidaknya dapat rr.emperbanyak informasi mcngcnai Islamisasi ilmu yang dilakukan oleh Seyyed Hossein Nasr, baik sebagai data banding atau d:ita pelengkap dari penelitian sejenis yang pernah dilakukan.Kesimpulannya adalah: Pemikiran Islamisasi ilmu Nasr berangkat dari pandangannya bahv,,a ilmu yang sekarang berkembang sudah kehilangan nilai-nilai keilahiannya, dalam arti ilmu tersebuc bersifat sekuler. Dalam pandangan Nasr, Islamisasi ilmu adalah suatu upaya untuk n:enghubungkan kembali ilmu dengan Yang Transenden sehingga ada kesatupadunn antara manusia sebagai subyek dengan <ilam dan Tuhan sebagai obyek yang dipelajari. Dalam hal ini, klasifikasi ilmr1 Nasr berpijak pada dua tokoh Muslim klasik seperti Ibnu Khaldun dan Al- Farabi, sehingga dalam pandangan Nasr muncul dua ilmu, yaitu ilmu naqli dan iJmu 'aqli yang saling meJengkapi dan bersifat hirarkis, namun kedua11ya diintegrasikan dengan membangun ponda~;i metafisik pada epistemology Islam. 2. Islamisasi ilrnu versi Nasr tersebut diimplemenLlsikan dalam kuriimlum pefflidikan islam yang meliputi empat aspek; yaitu aspek tujoan, aspek materi, aspek metode, dan aspek evaluasi. Pertama, imp!ernentasi Islarnisasi ilmu dalam tujua11 pendidikan Islam a.dalah mengembangkan aspek-aspek yang menjadi kebutuhan anak didik yakni aspek spiritual, keilmiyahan, jasmani intelektual, dan sebagainya sebagai upaya membentuk manusia yang menyadari dan P1elaksanakan tugas kekhalifahannya. Kedua, implementasi Islamisasi ilmu dalam materi pendidikan Islam, yaitu rnenempatkan ilmu naqli dan ilmu 'aqli pada kedudukan yang sama sehingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. \Viji Hidayati, M.Ag., Drs. Suismanto, 1\1.Ag.
Uncontrolled Keywords: ISLAMISASI ILMU, IMPLEMENTASNYA, KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Atas Pemikiran Seyyed Hossein Nasr)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Nov 2023 15:31
Last Modified: 22 Nov 2023 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62355

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum