ANALISIS INDEKS DESA ZAKAT DALAM PENGUATAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah)

Shila Ilmundhita, NIM.: 20208011002 (2023) ANALISIS INDEKS DESA ZAKAT DALAM PENGUATAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS INDEKS DESA ZAKAT DALAM PENGUATAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah))
20208011002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS INDEKS DESA ZAKAT DALAM PENGUATAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah))
20208011002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ekonomi masyarakat dalam kenyataannya turut mempengaruhi potensi pendapatan keluarga. Dalam konsepsi ekonomi Islam, dinamika pendapatan ekonomi keluarga di satu sisi dapat berpeluang menjadi muzakki baru, namun pada sisi yang lain dapat mengantarkan pada posisi mustahik, seiring dengan kondisi perekonomian makro dan mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Indeks Desa Zakat di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di samping itu, penelitian ini juga berupaya mengungkapkan potensi-potensi penguatan Zakat Community Development di desa tersebut. Tesis ini diteliti secara kualitatif dan kuantitatif. Data-data dikumpulkan melalui survei, wawancara dan observasi. Data tersebut diolah melalui penghitungan Multi-Stage Weigh Index dengan mberdasar pada lima variabel indeks desa zakat yaitu komponen ekonomi, kesehatan, pendidikan, dakwah, serta sosial dan kemanusiaan. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai Indeks Desa Zakat Desa Ngasinan sebesar 0,55. Berdasarkan variabel-variabel dalam IDZ, dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Desa Ngasinanndinilai cukup baik/positif. Nilai ini juga berimplikasi pada posisi desa Ngasinan sebagai desa yang dapat menjadi sasaran distribusi zakat; (2) dimensi ekonomi menjadi perhatian khusus sebagai sasaran distribusi zakat; dan (3) setidaknya terdapat tiga sektor yang berpeluang menjadi sasaran penguatan zakat community development, yaitu zakat produktif, komunitas peternak, dan komunitas seni.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: DR. Ibi Satibi, S.H.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: zakat; dimensi ekonomi; dimensi pendidikan; Indeks Desa Zakat, zakat produktif,
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Nov 2023 10:50
Last Modified: 12 Jan 2024 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum