METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN

HABIBI, NIM: 99474181 (2004) METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN)
99474181_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN)
99474181__BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Metode berasal dari bahasa latin "meta" yang berarti melalui dan "hodes" yang berarti jalan atau cara ke. Dal am bahasa arab disebut dengan "thariqah" artinya jalan, cam atau, sistem atau ketertiban dalam mengerjakan sesuatu. Sedangkan menurut istilah ialah suatu sistem atau cara yang mengatur cita-cita. 1 Metode yaitu cara kerja yang bersistem yang memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pendidikan Islam merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengarahkan anak dalam menghadapi masa selanjutnya untuk itulah TK ABA Sapen melakukan hal-hal yang terkait dalam pendidikan Islam dengan metode cerlta. SeJain metode cerita juga ada metode Jain yang dilaksanakan disana diantaranya ; metode bermain, diskusi, tanya-jawab, irntsal, sosiodrama, pemberian tugas, karya wisata, mctode bernyanyi dan lain sebagainya. Dari pernaparan mengenai metode cerita diatas, mulai dari pentingnya cerita sebagai salah satu metode yang efektif dalam pendidikan Islam, sampai dengan menerapkan metode tersebut didalam pendidikan Islam, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : l. Kriteria Cerita yang Baik Kriteria cerita yang baik menurut para guru TK ABA Sapen adalah cerita yang sesuai dengan ajaran dan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam. Untuk mengetahui kualitas sebuah cerita itu baik atau tidak, para guru TKA ABA Sapen mengambil dari jenis cerita. Adapun jenis cerita yang digunakan di TK ABA Sapen sebagai berikut: a. Jenis cerita campuran/kombinasi. b. Jenis cerita sejarah (tarikh). c. Jenis cerita fiksi (khayalan)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto
Uncontrolled Keywords: TK, METODE, CERITA, ANAK-ANAK
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2023 15:26
Last Modified: 27 Nov 2023 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum