PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN

RAHMAT TAUHID, NIM. 99474217 (2005) PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN)
99474217_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN)
99474217_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan penegasan istilah dan uraian latar belakang masalah yang telah disebutkan di atas, maka inti pokok dari permasalahan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana pemikiran pendidikan menurut Ibnu Khaldun? 2. Bagaimana relevansi pemikiran lbuu Khaidun tentang pendidikan dengan dunia pendidikan sekarang. Manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalani kehidupan tidak bisa lepas dari bantuan dan campur tangan orang Jain. Agar manusia bisa eksis dan diterima dalarn rnasyarakat tentu perlu adanya pendidikan. Dan dari uraian yang telah discbutkan mengcnai kandungan yang tertera dalam skripsi ini, maka dapat diambiJ kcsimpulan, antarn lain: 1. Yang dimaksud dengan pendidikan menurut lbnu Khaldun adalah usaha untuk mcngcmbangkan scgcnap potensi yang dimiliki manusia. Ibnu Khaldun mcndcfinisikan pcndidikan adalah upaya untuk memperoleh suatu kepandaian, pengertian dan kaedah-kaedah yang barn. Karena setiap saat dalam kehidupan terjadi suatu akti fitns manusia yang merupakan proses pendidikan yang besar clan luas. lbm1 Khaldun juga bcrpcndapat bahwasannya pcndidikan mernpakan suatu keahlian yang dfouktikan oleh adanyh perbedaan isti1ah-istilah teknis. Dasar dari pemikiran Ibnu Khaldun adalah al-Qur'an dan as-Sunnah atau Hadits. Sedangkan dari tujuan pendidikan adalah menciptakan insan kamil d~ngan malakah (penguasaan) aka! ilmu-ilmu pendidikan yang dimilikinya. Dengan demikian sudah seharnsnya sejak dini anak diberikan pendidikan sampai tingkat malakah (penguasaan) atau sifat yang terbentuk dan telah mendarah daging. 2. Pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan memiliki relevansi yang nyata dengan tuntutan dunia pendidikan sekarang ini. Mengingat kurikulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Hamruni M.Si, Drs. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM, PENDIDIKAN, IBNU KHALDUN
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2023 15:32
Last Modified: 23 Nov 2023 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum