PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU AGAMA DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN)

Miss Fataheeyah Baso, NIM.: 16410100 (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU AGAMA DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU AGAMA DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN))
16410100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU AGAMA DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN))
16410100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas Pendidikan Agama Islam. Hal ini disebabkan karena kurangnya profesionalime guru agama dalam merencanakan pembelajaran dan kurangnya penerapan metode yang tepat seperti metode yang digunakan masih didominasi metode ceramah selain itu penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti buku pembelajaran PAI, LCD, dan lain-lain. Dalam hal ini tentu saja akan menimbulkan permasalahan dalam dunia pendidikan yang semakin berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar sekolah Khoiriyah Wittaya Mulnithi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan lima guru agama. Data diperoleh dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan: Pertama. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru agama di sekolah Khoiriyah Wittaya Mulnithi terdiri dari peran sebagai educator kepala sekolah meningkatkan profesionalisme guru dengan mengadakan kegiatan seminar atau workshop dan mengikutsertakan guru dalam workshop. Sebagai manajer, kepala sekolah menggunakan pendekatan keterlibatan agar guru bisa berpartisipasi aktif dalam manajerial sekolah, dan memberdayakan guru melalui sistem kerjasama. Sebagai administrator, kepala sekolah selalu menyusun dan mengelola administrasi. Sebagai supervisor, kepala sekolah melakukan kunjungan kelas (classroom visitation). Sebagai leader, kepala sekolah memberi bantuan guru dengan memberikan petunjuk. Sebagai innovator, kepala sekolah memiliki hubungan yang harmonis dengan warga sekolah dan masyarakat sekitar, memberi teladan dengan memiliki displin waktu yang kuat, serta mengintegrasikan ilmu agama dan Ilmu Umum yang belum rata. Sebagai motivator, kepala sekolah melakukan pengaturan suasana kerja dan memberi pujian. Kedua. Faktor penghambat yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru agama di sekolah khoiriyah Wittaya Mulnithi adalah perbedaan karateristik masing-masing guru, sebagian guru agama lulusannya tidak berasal dari jurusan kegeruan, adanya guru yang susah berkembang dan fasilitas sekolah yang terbatas. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru agama di sekolah khoiriyah Wittaya Mulnithi adalah sebagian guru yang mempunyai semangat tinggi, penyelenggaraan seminar dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah; guru PAI; ekstrakurikuler
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Nov 2023 13:57
Last Modified: 24 Nov 2023 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum