MENDIDIK ANAK SUPERNORMAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Krisnia Pangesti Rahavu, NIM. 99474275 (2004) MENDIDIK ANAK SUPERNORMAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENDIDIK ANAK SUPERNORMAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
99474275_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENDIDIK ANAK SUPERNORMAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
99474275_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Di era globalisasi sekarang, dunia semakin sempit. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat yang menimbulkan berbagai dampak dalam seluruh bidang kehidupan manusia. Baik dampak yang bernilai positif maupun negat:i:f. Dalam hal ini pendidikan mempunyai peranan dalam membangun bangsa ke depan untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan hidup yang merata. Kesimpulan I. Anak supernormal adalah anak yang memiliki kecerdasan di atas anak normal, jika dilihat dari tingkatan IQ anak ini berada pada tingkat 1 I 0 ke atas. Bisa juga disebut dengan anak jenius, very superior, dan superior. Adapun ciri-ciri anak supernormal yaitu memiliki intelegensi di atas normal, makin tinggi IQ nya makin baik daya abstraksinya, berfikir logis, rasional dan kreatif, perkembangan mentalnya lebih cepat dari umur kalcndcr, lingkungan sangat bcrperan pada perkembangannya, mcmpunyai prestasi yang tinggi, baik dalam sekolah maupun di luar sekolah, perhatian terhadap bacaan luas dan memiliki koleksi pribadi, tidak pernah mendapat kesulitan dari pelajaran di sekolah, perkembangan fisik, psikis dan -, ' ':\: bahasanya lebih pesat dari anak normal. 2. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan orang tua dalam mendidik anak yang supernormal yaitu meciptakan lingkungan keluarga yang serasi, selaras, dan seimbang, memperbanyak pujian, berbagi dalam waktu, menyiapkan sarana fisik-alam-sosial seperti menyediakan fasilitas yang dibutuhkan; tempat belajar yang baik, menyediakan perpustakaan, mencarikan teman yang dapat mengembangkan intelektual dan sikap sosialnya. Memberikan motivasi positif dan rnemberikan makanan yang bergizi. Orang tua juga dapat menggunakan rnetode untuk rneningkatkan pembelajarannya yaitu dengan rnengembangkan identitas, berjalan-jalan di alam terbuka, permaian, dan melihat-lihat perpustakaan. Selain upayaupaya tersebut ditekankan pentingnya hubungan kerjasama antara orang tua dan guru dan j uga rasa kepercayaan. 3. Dalam pendidikan Islam hal yang paling utama yang perlu diajarkan pada anak supernormal yaitu menghapal ayat-ayat suci al-quran, hadist Nabi SAW dan menghapal peribahasa yang mengandung hikmah dan kebenaran. Menyediakan buku ensiklopedi ilmiah dan membiasakan anak untuk terus memperhatikan, memikirkan dan kemudian meneliti semua ciptaan Allah SWT, mencarikan teman yang mempunyai kecerdasan, moral yang baik, dan kuat akidahnya dan mernberikan makanan yang bergizi lagi halal. Disarnping itu ada beberapa upaya dari para ulama dalam pendidikan intelektual anak yaitu mendirikan perpustakaan yang berisi majalah-majalah pengetahuan yang berorientasi Islam dan pembahasan ilrniah, mengunjungi museum, perpustakaan, dan mendorong anak untuk terus meneliti. Walaupun tidak secara khusus ditulis dalam satu buku namun intinya hampir sama yaitu bahwa orang tua harus rnengupayakan agar kemampuan anak tetap terjaga dan mencapai hasil optimal. Jadi dalam pendidikan Islam tetap mengutamakan tuntunan syari'at dari agama Islam sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto
Uncontrolled Keywords: MENDIDIK ANAK SUPERNORMAL, PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Nov 2023 16:02
Last Modified: 27 Nov 2023 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum