KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SIGIT AMRULLAH, NIM.: 99474305 (2005) KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
99474305_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
99474305_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan masyarakat yang terns bergerak dinamis dan cepat menuntut perubahan dan pembaharuan disegala bidang, tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Pendidikan memegang peran yang menentukan eksistensi dan perkembangan masyarakat tersebut, karena pendidikan mernpakan usaha melestarikan, dan mengalihkan serta mentransformasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan jenisnya kepada generasi penerns.Setelah memaparkan dan menganalisa berdasarkan rumusan masalah, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Kurikulum berbasis kompetensi merupakan suatu kurikulum yang mencak'Up sejrnnlah kompetensi dan seperangkat tujuan pembelajaran yang dinyatakan sedemikian rupa sehingga pencapaiannya dapat diamati dalam bentuk perilaku atau ketrampilan peserta didik sebagai suatu kriteria keberhasilannya. Jadi, kurikulum berbasis kompetensi merupakan pergeseran penekanan dari isi atau content (apa yang tertuang) ke kompetensi (bagaimana berpikir, belajar dan melakukan) dalam setjap tingkatan kelas dan atau sekolah. Adapun yang menjadi landasan teoritis dalam KBK adalal1 adanya pergeseran pembelajaran dari kelompok keara11 pembelajaran individual, pengembangan konsep belajar tuntas atau belajar sebagai penguasaan dan pendefinisian kembali terhadap bakat yaitu bahwa setiap peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal jika diberi waktu yang cukup. 2. Upaya pemberdayaan pendidikan agama Islam melalui implementasi KBK dalam pembentukan kepribadian anak didik, dan terhadap penanaman nilainilai, moral dan tingkah lakunya dalam semua bidang kegiatan yaitu dapat dilihat dari sisi pemberdayaan komponen-komponen yang ada dalam kurikulum (tujuan, materi, strategi, media dan evaluasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum berbasis kompetensi; PAI
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Nov 2023 15:38
Last Modified: 28 Nov 2023 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum