KETELADANAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran K. H. Abdullah Gymnastiar)

Deden Hidayat, NIM : 99474337 (2005) KETELADANAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran K. H. Abdullah Gymnastiar). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
99474337_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
99474337_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ditilik dari segi sejarah, pendidikan merupakan suatu proses panjang untuk mengantar manusia menji:idi sosok yang memiliki kekuatan spiritual dan intelektual, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan kualitas disegala aspek kehidupan yang dijalaninya. Fokus utama proses pendidikan yakni terbentuknya peserta di<j.ik menjadi manusia-manusia baru yang menyadari posisi kemanusiaanny& yang melekat Dalam realitas kemanusiaan, proses ini bermuara pada up~yq pembentukan masyarakat yang berwatak, beretika dan estetika melalui proses yang bukan hanya traf)fer of knowladge namun juga proses tran~fer of valpes. Pada situasi seperti ini, pendidikan telah menempati posisi yang amat sentral dan strategis dalam pluralisme kehidupan manusia. Robert J. Menges m~nyebut keselumhan proses ini sebagai helper (penolong) manusia. Berdasarkan uraian dalam bab-bab di atas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pemikiran KH. Abdullah Gymnastiar Tentang Kete1adanan dalam Pendidikan Islam dapat ditinjau dari beberapa aspek antara lain: a. Dasar pemikiran KH. Abdullah Gymnastiar mengenai pemikiran keteladanan dalam pendidikan islam tidaklah jauh berbeda dengan dasar pemikiran dari tokoh lain, ha! ini dikarenakan adanya keyakinan dan kepercayaan yang penuh dari KH. Abdullah Gymnastiar terhadap Rasulullah sebagai sumber suri tauladan yang tidak perlu diragukan lagi karena telah banyak bukti-bukti keberhasilan yang telah dicapai Rasulullah SAW. b. Adapun fungsi dari pemikiran keteladanan dalam pendidikan islam menurut KH. Abdullah Gymnastiar adalah sebagai modal perubahan. Dengan adanya pemikiran keteladanan seseorang mampu melakukan suatu perubahan baik terhadap diri sendiri rnaupun terhadap orang lain, sehingga pemikiran kerteladanan sangat berarti bagi para pemimpin maupun para pendidik. Arti penting suatu keteladanan terhadap para pendidik memunculkan fungsi lain dari pemikiran keteladanan yakni sebagai salah satu metode pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ors. H. Mangun Budiyanto, Drs. H. Hamruni, M. Si.
Uncontrolled Keywords: KETELADANAN, PENDIDIKAN ISLAM, (Studi Pemikiran K. H. Abdullah Gymnastiar)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2023 15:27
Last Modified: 28 Nov 2023 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum