KECERDASAN MORAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Telaah terhadap Buku: "Menumbuhkan Kecerdasan Moral Pada Anak" Karya: Robert Coles)

YUYUN YUNINGSIH, NIM :99474357 (2004) KECERDASAN MORAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Telaah terhadap Buku: "Menumbuhkan Kecerdasan Moral Pada Anak" Karya: Robert Coles). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
99474357_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
99474357_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Menurut pandangan Islam, manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang di dalam dirinya diberi kelengkapan-kel~ngkapan psikologis dan fisik, yang memiliki kecenderungan kearah yang lebih baik dan yang buruk. 15 Manusia juga dianugrahi fitrah, baik berupa pikiran, perasaan dan kemampuan berbuat, sehingga memiliki potensi yang dapat dididik dan mendidik, serta dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan yang dapat berkembang sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk mulia. 16 Pada awal-awal kehidupannya seorang anak dibentuk oleh nilai-nilai orang dewasa. 17 Karena keluarga merupakan lingkungan paling awal yang dikenal oleh anak, 18maka orang dewasa yang dimaksud adalah orang tua, yang memiliki peranan utama dalam mengarahkan pertumbuhan dan kecenderungan anak. Setelah melakukan kajian pustaka tentang bagaimana proses kecerdasan moral yang ditawarkan oleh Robert Coles yang sarat dengan nilai-nilai moral dasar dan juga metode yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut, sebagai upaya untuk membentuk kepribadian anak dalam menciptakan manusia yang bermoral. Dalam bukunya berjudul menumbuhkan kecerdasan moral pada anak kemudian pandangannya menurut pendidikan Islam, maka dapat disimpulkan sebagai jawaban atas rumusan masalah yang tclah ditetapkan, yakni: 1. Teori tentang kecerdasan moral yang ingin disampaikan oleh Robert Coles adalah Coles berpendapat bahwa kecerdasan moral bisa tumbuh berawal dari imajinasi moral, yaitu adanya pikiran yang suka merenung khususnya tentang prilaku moral, pada tahap tertentu akan diganti oleh sebuah diri yang bertindak yang akan nampak dalam tindakan, cara hidup dan apa yang harus dilakukan. Pada anak imajinasi moral dapat ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan khususnya dari orang tua, karena anak mengamati meniru dan mencatat tentang segala tindakan moral yang dicontohkan oleh orang tuanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hamruni,M.Si
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ISLAM, KECERDASAN MORAL
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Nov 2023 15:47
Last Modified: 30 Nov 2023 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum