KOMIK SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM

M. Sahlan Hawasy, NlM.: 99474392 (2005) KOMIK SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMIK SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM)
99474392_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMIK SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM)
99474392_FBAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul KOMIK SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM bertujuan untuk memberikan masukan dan gambaran tentang bagaimana komik yang mendidik dan tidak membosankan. Sering penulis temui bahwa didalam pengemasan cerita, visual serta simbol-simbol komik pendidikan Islam, kadangkala terkesan menggurui. T,ujuan Iain yaitu mengusulkan/menawarkan konsep pembuatan komik untuk media pendidikan Islam yang tetap mcnghibur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengum;mlan data dengan jenis per1elitian, penelitian kepustakaan (library research). Artinya sebuah penelitian yang sumbernya berasal dari buku-buku, artikel, jumal-jumal ilmiah yang ada kaitannya dengan skripsi ini. Hasil dari analisis deskriptif mengungkapkan bahwa dalam pengembangan media melalui komik (visual), memberikan pengalaman visual kepada siswa dalam rangka memperjelas, dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak meajadi lebih sederhana, konkrit, serta mudah dipahami. Imajinasi anak-anak akan terbangun lebih baik. Karena itu, dalam pengembangan media melalui komik dapat memberikan nilai lebih untuk menjadikan anak bersikap bagaimana memecahkan masalah dengan baik, menjaga diri, mencari kesenangan, rileksasi/santai, kebebasan bersosialisasi yang baik, beragama yang baik dan sebagainya. , Bukan hanya komik yang mendidik dan menghibur. Komik sebagai awal mula pembiasaan membaca untuk anak-anak. Mereka akan diajari dan diberi bekal dengan materi-materi pcndidikan seperti penan'aman dasar-dasar kejiwaan yang mulia, pemeliharaan hak-hak orang lain dan melaksanakan tata krama sosial yang berlaku umum. Dengan visual dalam komik sesuatu yang sebelumnya masih abstrak akan menjadi lebih jelas dan pengalaman ini dapat diulang-ulang dengan cara melihat dan membaca kembali, melalui media komik, yang dapat dibawa-bawa. Kornik mempunyai peranan penting dalam pengembangan media pendidikan Islam diantaranya, pertama, komik dapat menggambarkan sesuatu yang abstrak menjadi sederhana dan jelas untuk diikuti dan di pelajari. Kedua, membiasakan anakanak untuk membaca. Ketiga, komik sebagai salah satu cabang seni (seni rupa/grafis) dapat menjadi penyeimbang kinerja otak pada anak. Keempat, luasnya dunia visual " dan kemampuan untuk melihat menjadikan komik sebagai media yang tidak terbatas. Sedangkan metode yang dapat digunakan dalam komik sebagai pengembangan media adalah metode keteladanan (yang digambarkan oleh tokoh dalam cerita komik), pembiasaan, metode cerita/dongeng, metode bermain dan hiinnyH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Bahrum Bunyamin, M.A.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; komik
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2023 15:26
Last Modified: 30 Nov 2023 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum