PENGARUH BELANJA PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, BANTUAN SOSIAL, DAN KEMANDIRIAN DAERAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI D. I. YOGYAKARTA TAHUN 2010 – 2021

Heni Nurmalasari, NIM.: 16810083 (2023) PENGARUH BELANJA PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, BANTUAN SOSIAL, DAN KEMANDIRIAN DAERAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI D. I. YOGYAKARTA TAHUN 2010 – 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BELANJA PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, BANTUAN SOSIAL, DAN KEMANDIRIAN DAERAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI D. I. YOGYAKARTA TAHUN 2010 – 2021)
16810083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BELANJA PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, BANTUAN SOSIAL, DAN KEMANDIRIAN DAERAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI D. I. YOGYAKARTA TAHUN 2010 – 2021)
16810083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh belanja pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, dan rasio kemandirian daerah terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) di 5 kabupaten/kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari tahun 2010 hingga 2021. Indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk) adalah indeks pembangunan manusia (IPM). IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam hal pendapatan, pendidikan, kesehatan, dan hal lainnya. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data sekunder dan diolah menggunakan bantuan aplikasi Eviews 9. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Fixed Effect Model (FEM) adalah metode regresi data panel terbaik yang digunakan. Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa semua variabel independen (variabel bebas) berdampak positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) secara bersamaan. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel belanja pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial tidak berdampak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Sedangkan variabel yang berdampak positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia adalah variabel rasio kemandirian daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Qoyum, S.E.I., M.Sc., Fin.
Uncontrolled Keywords: IPM, sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor bantuan sosial,rasio kemandirian daerah
Subjects: Administrasi Pemerintah
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:58
Last Modified: 30 Nov 2023 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum