ANALISIS VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PERKAPITA DI INDONESIA

Ismadanaf Ramadan, NIM.: 16810070 (2023) ANALISIS VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PERKAPITA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PERKAPITA DI INDONESIA)
16810070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PERKAPITA DI INDONESIA)
16810070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan nasional merupakan indikator penting untuk menganalisis laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan kemakmuran suatu negara. Stagnasi pertumbuhan ekonomi dan ketidakmampuan suatu negara yang berpendapatan menengah meningkatkan pertumbuhan per kapitanya ke dalam kategori negara berpendapatan tinggi dapat disebut sebagai jebakan pendaptan menengah atau middle-income trap (MIT). Pendapatan per kapita adalah jumlah rata-rata pendapatan penduduk dalam suatu negara dengan periode waktu tertentu. Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional sebuah negara pada tahun tertentu dibagi dengan jumlah penduduknya pada tahun tersebut. Di Indonesia untuk mengukur pendapatan per kapita menggunakan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) atau Pendapatan Nasional Bruto (PNB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan per kapita di Indonesia. Variabel yang digunakan adalah pendapatan per kapita, Pembetukan Modal Tetap Bruto (PMTB), Foreign Domestic Investment (FDI) dan pengeluaran pemerintah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang variabel PMTB tidak berpengaruh terhadap pendapatan per kapita di Indonesia tahun 1990-2021, namun dalam jangka pendek variabel PMTB berpengaruh positif siginifikan terhadap pendapatan per kapita di Indonesia tahun 1990-2021.Variabel FDI dalam jangka Panjang maupun jangka pendek berpengaruh positif siginifikan terhadap pendapatan per kapita di Indonesia tahun 1990-2021.Sedangkan variabel pengeluran pemerintah dalam jangka Panjang maupun jangka pendek tidak berpengaruh terhadap per kapita di Indonesia tahun 1990-2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anggari Marya Kresnowati, SE., ME
Uncontrolled Keywords: income per capita, Error Correction Model (ECM), Pembetukan Modal Tetap Bruto (PMTB), Foreign Domestic Investment (FDI), pengeluaran pemerintah
Subjects: Ekonomi > Makroekonomi
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Nov 2023 15:54
Last Modified: 30 Nov 2023 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum