PERAN GURU PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Al Aziz, NIM.: 04410718 (2011) PERAN GURU PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui tentang proses, peran dan metode guru pembina asrama dalam pembinaan akhlak siswa SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi guru pembina asrama SMA IT Abu Bakar khususnya dan bagi Sekolah Islam Terpadu lainnya secara umum dalam mengoptimalkan perannya sebagai guru pembina asrama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu tekhnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses kegiatan pembinaan akhlak siswa di asrama SMA IT Abu Bakar berupa pemberian pelajaran-pelajaran tambahan di asrama berupa dasar keislaman yang bersifat aplikatif seperti ibadah, akhlak , dan al-Qur'an. Selain itu beberapa tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa yang tinggal di asrama merupakan bagian dari bentuk proses pembinaan akhlak siswa, (2) Guru pembina asrama SMAIT Abu Bakar Yogyakarta memiliki peran yang cukup besar dalam pembinaan akhlak siswa. Beberapa peran yang mereka lakukan adalah: Guru berperan sebagai pengganti orang tua, Guru berperan sebagai fasilitator, Guru berperan sebagai motivator dan Guru berperan sebagai educator atau pemberi tauladan, (3) Dalam melakukan pembinaan terhadap akhlak siswa, guru pembina asrama menggunakan metode yang cukup bervariatif. Adapun beberapa metode yang sering digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode ketauladanan, metode hafalan dan metode pembiasaan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru , Pembinaan Akhlak, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 14:09
Last Modified: 03 Nov 2023 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum