MADRASAH ALIYAH YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA (Studi Tentang Pengembangan Kurikulum Tahun 1994-2004)

ABDUL GHAFUR, NIM : 99474476 (2004) MADRASAH ALIYAH YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA (Studi Tentang Pengembangan Kurikulum Tahun 1994-2004). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
99474476_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
99474476_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dalam proses pendidikan, kurikulum memiliki kedudukan yang penting yaitu sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Tanpa adanya kurikulum, sulit rasanya bagi perencana dan pelaksana pendidikan mencapai cita-cita pendidikan. Hal ini disebabkan proses kurikulum yang berlangsung secara berkesinambungan merupakan wujud keterpaduan dari semua dimensi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan.Setelah melakukan pembahasan dan uraian yang panjang lebar mengenai permasalahan-permasalahan dalam skripsi ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: I. Materi-materi yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Y ogyakarta merupakan perkembangan dari kurikulum Departemen Agama yang diperkaya dengan penambahan-penambahan materi yang diambil dari kurikulum Kepesantrenan. Jadi siswa tidak hanya diberi materi-materi yang terdapat dalam kurikulum buku acuan Depag, tetapi diperkaya dan diperluas dengan materi-materi yang ada dari kitab-kitab kuning dan buku acuan lainnya. 2. Metode yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Ali Maksum ini tidak terlepas dari petunjuk strategi proses belajar mengajar yang ada pada kurikulum Depag kemudian lebih disempurnakan lagi oleh metode-metode pondok pesantren seperti hafalan, pembiasaan dan pemberian contoh. 3. Hasil akhir yang dicapai didalam pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Ali Maksum dapat dikatakan berhasil cukup baik. 4. Perkembangan kurikulum Madrasah Aliyah tidak Iepas dari faktor perubahan Sis Dik Nas, dimana perubahan Sistem Pendidikan Nasional itu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. JUWARIYAH, M.Ag
Uncontrolled Keywords: MADRASAH ALIYAH YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA, (Studi Tentang Pengembangan Kurikulum Tahun 1994-2004)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2023 15:23
Last Modified: 01 Dec 2023 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum