PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPRIBADIAN SANTRI PADA PP AS-SALAFIYAH MLANGI NOGOTIRTO GAMPING 5LEMAN DIY

SRI SUPRIYATIN HANDAYANI, NIM. 01410563 (2005) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPRIBADIAN SANTRI PADA PP AS-SALAFIYAH MLANGI NOGOTIRTO GAMPING 5LEMAN DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
101410563_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
101410563_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pembelajaran aqidah akhlak dipondok pesantren As-Salafiyah Mlangi Nogotirto, 2) mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap kepribadian santri pada PP As-Salafiyah Mlangi Nogotirto Gamping Sleman DlY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan uji hipotesis. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket, dan observasi non partisipatorif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling cluster (blok). Telmik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan teknik uji linieritas dan uji norrnalitas serta diberi penguatan dengan cara menggambarkan diagram pencar dari persamaan yang telah diperoleh. Lebih lanjut dengan melalui analisis koefisien korelasi dicari hubungan antara pembelajaran aqidah akhlaq dengan kepribadian santri. Berdasar analisis data diperoleh hasil bahwa: l) model pembelajaran aqidah akhlaq di pesantren PP As-Salafiyah adalah model pembelajaran monoton dengan ditandai adanya metode sorogan dan bandongan serta analisis kajian dalam proses belajar mengajar, 2) hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran aqidah akhlaq di pesantren PP AsSalafiyah, Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta, dengan nilai F regresi empirik sebesar 55, 285 baik pada taraf 1 % maupun 5%, 3) melalui persamaan regresi diperoleh garis linier kekanan naik, yakni Y = 32,56 + 0,57 lX, 4) memiliki hubungan (korelasi) yang sangat kuat antara pembelajaran aqidah akhlaq di pesantren PP AsSalafiyah, Mlangi, Nogotirto, Gamping Sleman Yogyakarta, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,769. Keberhasilan dalam memberikan pembelajaran aqidah akhlaq pengaruhnya terhadap kepribadian santri adalah ditandai dengan tercapainya indikator kepribadian santri yang senantiasa bersemayam di dalam hati yang bersih dan tenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Shomad, MA,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aqidah akhlak; santri; guru; kepribadian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2023 15:48
Last Modified: 01 Dec 2023 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum