EFEKTIVITAS PROGRAM JOGJA TAQWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGAKARTA TAHUN 2022)

Nurul Baitillah, NIM.: 19103080012 (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM JOGJA TAQWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGAKARTA TAHUN 2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM JOGJA TAQWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGAKARTA TAHUN 2022))
19103080012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM JOGJA TAQWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGAKARTA TAHUN 2022))
19103080012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan ekonomi masih menjadi permasalahan utama yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia. Dampak negatif yang sering ditimbulkan oleh masalah ekonomi diantaranya kemiskinan, pengangguran sampai kriminalitas. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ekonomi adalah dengan penyaluran zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). BAZNAS Kota Yogyakarta dalam mengelola dana zakat tidak hanya bergerak dalam pengumpulan dan pendistribusian saja, tetapi juga memiliki program pendayagunaan zakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan umat. Pengelolaan zakat secara produktif ditujukan bagi pemberdayaan yang dilakukan dengan cara memberikan bantuan modal kepada pengusaha kecil atau usaha mikro. Melalui program pemberdayaan zakat berbasis Zakat Community Development BAZNAS Kota Yogyakarta memiliki program Jogja Taqwa yang diharapkan mampu mensejahterakan ekonomi dan spiritual penerima manfaatnya. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih mendalam mengenai pengelolaan zakat serta sejauh mana efektivitas program Jogja Taqwa sebagai program pendayagunaan penulis mengangkat permasalahan tersebut ke dalam skripsi dengan judul "Efektivitas Program Jogja Taqwa dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kasus BAZNAS Kota Yogyakarta Tahun 2022)” Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan mixed methods yang bersifat deskriptif-analitik. Teori pemberdayaan untuk mengukur efektivitas program adalah model CIBEST dengan indikator nilai materil dan spiritual mustahik, serta teori efektivitas hukum yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Hasil menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta melalui program Jogja Taqwa sudah cukup efektif dalam mengelola dan menyalurkan zakat baik konsumtif maupun produktif kepada mustahik diukur melalui variabel materil dan spiritual dikemukakan oleh Beik dan Arsyianti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Gusnam Haris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: management; welfar; Jogja Taqwa; zakat
Subjects: Ekonomi Syariah
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:37
Last Modified: 01 Dec 2023 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum