KOMPETENSI SOSIAL GURU QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTsN YOGYAKARTA II

Amtiatul Qariah, NIM.: 07410026 (2011) KOMPETENSI SOSIAL GURU QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTSN YOGYAKARTA II)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI SOSIAL GURU QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTSN YOGYAKARTA II)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kompetensi sosial bagi seorang guru yang harus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan efektif serta hubungan guru dengan masyarakat sekolah. Kompetensi sosial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik agar dapat berkomunikasi dan bergaul secara efektif sebagai bagian dari anggota masyarakat, bergaul dengan siswa, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi sosial guru Qur'an Hadits kelas VIII MTsN Yoyakarta II dan Upaya Kepala madrasah dan Guru Qur'an Hadits kelas VIII dalam meningkatkan kompetensi sosial guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MTsN Yogyakarta II. Subyek adalah guru Qur'an Hadits, siswa, kepala sekolah, guru lain, tenaga kependidikan, dan masyarakat tempat tinggal masing-masing guru. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokomentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data yaitu membandingkan data hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: interaksi siswa dengan guru baik di dalam kelas maupun di luar kelas terjalin dengan baik , hal ini dapat dilihat dari antusias siswa dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Interaksi guru dengan teman sejawat terjalin dengan baik, hal ini dapat dilihat dari adanya kerjasama dalam masalah akademik maupun non akademik. Interaksi guru dengan tenaga kependidikan terjalin dengan baik, adanya sikap saling menghormati satu sama lain. Interaksi guru dengan orang tua siswa sudah terjalin dengan baik, saling menghormati, dalam memberikan pelayanan terhadap orang tua siswa tanpa adanya perbedaan. Interaksi guru dengan masyarakat sekitar tempat tinggal sudah terjalin dengan baik namun masih perlu ditingkatkan dalam melibatkan kegiatan yang ada dimasyarakat mengingat guru biasanya menjadi panutan warganya. Penggunaan tekhnologi masih kurang fungsional, kemahiran mengoperasikan masih perlu belajar. Komunikasi secara keseluruhan sudah terjakin komunikasi yang efektif yaitu dalam komunikasi adanya pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan sosial yang baik, dan tindakan. Adapun usaha yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial adalah adanya penggalangan dana sosial, mengadakan kegiatan yang bersifat keakraban, kegiatan darma wanita, melibatkan dalam kegiatan yang ada di Madrasah. Sedangkan usaha guru Qur'an Hadits sendiri adalah bersikap perhatian kepada siswa baik di dalam dan di luar kelas, menjadi teman curhat yang baik, dalam bergaul dengan sesama guru dan karyawan sewajarnya, selalu tegur sapa, dalam masyarakat tempat tinggal bersikap sesuai norma yang berlaku, berusaha mengikuti kegiatan yang ada di masyarakat. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Guru , Kompetensi Sosial, Qur'an Hadist
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 14:04
Last Modified: 03 Nov 2023 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum