PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011

Haniatussarifah, NIM.: 06680003 (2010) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL DRILLING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode snowball drilling pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok . Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan desain non-randomized control group pretest posttest design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan metode snowball drilling dan variabel terikat berupa ketuntasan belajar (mastery learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random, dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes (pretest-posttest) dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t berpasangan dan ketuntasan belajar menggunakan analisis persentase ketuntasan belajar, yaitu setelah 85% populasi kelas mencapai KKM 67%. Data tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Analisis hasil belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t berpasangan menghasilkan p = 0,000 lebih kecil dari 0,01 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sementara itu, analisis ketuntasan belajar pada kelas kontrol diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 82,35% dan pada kelas eksperimen diperoleh persentase ketuntasan populasi kelas mencapai 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ketuntasan belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode snowball drilling berpengaruh positif terhadap ketuntasan belajar. Tanggapan siswa 62,09% memiliki ketertarikan tinggi terhadap metode snowball drilling. Dengan demikian, metode snowball drilling dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok pada pembelajaran biologi pokok bahasan virus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Active Learning, Metode Snowball Drilling
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2023 11:14
Last Modified: 01 Dec 2023 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum