PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, FUTURE ORIENTATION DAN FINANCIAL RISK TOLERANCE TERHADAP PERENCANAAN DANA PENSIUN DENGAN PENDAPATAN SEBAGAI MODERASI

Dzalfa Shafianissa, NIM.: 19108030106 (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, FUTURE ORIENTATION DAN FINANCIAL RISK TOLERANCE TERHADAP PERENCANAAN DANA PENSIUN DENGAN PENDAPATAN SEBAGAI MODERASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, FUTURE ORIENTATION DAN FINANCIAL RISK TOLERANCE TERHADAP PERENCANAAN DANA PENSIUN DENGAN PENDAPATAN SEBAGAI MODERASI)
19108030106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, FUTURE ORIENTATION DAN FINANCIAL RISK TOLERANCE TERHADAP PERENCANAAN DANA PENSIUN DENGAN PENDAPATAN SEBAGAI MODERASI)
19108030106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, future orientation dan financial risk tolerance terhadap perencanaan dana pensiun dengan pendapatan sebagai moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja di Jawa Barat. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel pada penelitian sebanyak 115 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Metode analisis data menggunakan SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan syariah, future orientation dan financial risk tolerance berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan dana pensiun. Sedangkan, variabel pendapatan ditemukan tidak mampu memoderasi hubungan variabel literasi keuangan syariah, future orientation dan financial risk tolerance dengan perencanaan dana pensiun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Darmawan, S.PD., MAB., CFRM
Uncontrolled Keywords: future orientation; financial risk tolerance; dana pensiun; pendapatan
Subjects: Manajemen > Keuangan
Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Dec 2023 13:13
Last Modified: 04 Dec 2023 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum