PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA METODE CIRC DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Nursahid, NIM.: 06690008 (2011) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA METODE CIRC DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA METODE CIRC DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
NA5TUG~J.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA METODE CIRC DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Paradigma integrasi-interkoneksi merupakan sebuah kerangka keilmuan yang dikembangkan UIN Sunan Kalijaga. Kerangka keilmuan ini baru diterapkan di tingkat perguruan tinggi saja (intern UIN), sehingga perlu adanya upaya untuk pendesiminasian kerangka keilmuan ini di tingkat SMA, SMP, bahkan SD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan proses pembelajaran fisika dan perangkat pembelajaran (RPP, LKS, Modul) menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan paradigma Integrasi-Interconeksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Instructional Development Institute (IDI), yang terdiri dari; penentuan (define ), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Wahid Hasyim tahun ajaran 2010/20011. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan aktivitas siswa. Keberhasilan produk berupa peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Fisika. Data pelaksanaan pembelajaran di analisis dengan analisis deskriptif, sementara keberhasilan produk dianalisis berdasarkan penelitian kualitatif dengan menggunakan persentase keberhasilan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran berupa; modul, RPP, dan LKS yang dikembangkan dengan model IDI. Perangkat pembelajaran kemudian diujicobakan dengan metode CIRC dengan Paradigma Integrasi-Interkoneksi. Hasil analisis penelitian menunjukan adanya tanggapan positif siswa sebesar 77, 27 %. Rata-rata prestasi aktifitas siswa pada uji coba I, uji coba II, dan uji coba III sebesar 78,4 %. Rata-rata prestasi siswa pada ranah afektif siswa uji coba I, uji coba II, dan uji coba III sebesar 71,85%. Prestasi siswa pada ranah psikomotorik, pada uji coba I, uji coba II, dan uji coba III sebesar 91,10%. Persentase keberhasilan proses 80,44%. Prestasi siswa pada ranah kognitif, pada uji coba I sebesar 6,9, pada uji coba II sebesar 7,4, dan pada uji coba III sebesar 8,15. Persentase ketuntasan belajar 81,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Widayanti, M.Si dan Moh.Pribadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Integrasi – Interkoneksi, CIRC , IDI, Perangkat Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Dec 2023 13:45
Last Modified: 01 Dec 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum