IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDIT AL – FURQOON KLATEN

Lusima Nur Insani, NIM.: 16480018 (2023) IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDIT AL – FURQOON KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDIT AL – FURQOON KLATEN)
16480018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDIT AL – FURQOON KLATEN)
16480018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran di kelas seperti kurangnya motivasi belajar dan adanya perilaku negatif dari peserta didik di kelas IV Ibnu Khaldun. Diperlukannya dorongan/stimulus dari guru untuk memberikan reinforcement (penguatan) agar keinginan belajar dan perilaku baik peserta didik terbangun. Salah satu usaha yang dilakukan oleh sekolah adalah dengan pelaksanaan pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran di kelas IV SDIT Al-Furqoon Klaten. (2) mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dari implementasi pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran di kelas IV SDIT Al-Furqoon Klaten. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SDIT Al-Furqoon Klaten, koordinator bidang kesiswaan, guru kelas dan peserta didik kelas 4 Ibnu Khaldun. Data yang ditemukan dilakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran di kelas 4 Ibnu Khaldun SDIT Al-Furqoon Klaten melalui tiga tahapan yaitu (a) Perencanaan yang terdiri dari penentuan tujuan pemberian reward dan punishment, adanya koordinator bidang kesiswaan yang mempersiapkan pemberian reward dan punishment, kewenangan guru kelas sebagi pelaksana, adanya buku panduan sekolah sebagai pedoman pemberian reward dan punishment, serta perencanaan anggaran biaya. (b) Pelaksanaan dengan pembuatan peraturan kelas melalui kesepakatan kelas, adanya beragam bentuk reward dan punishment, serta konsistensi dalam pelaksanaannya.(c) Evaluasi dilakukan melalui evaluasi diri dan evaluasi periodik bersama dengan guru lain saat rapat kerja awal tahun/semester.(2) Faktor pendukung diantaranya dukungan internal dari pihak sekolah yang telah mempersiapkan kebutuhan dalam pemberian reward dan punishment dan dukungan orang tua peserta didik, pelaksanaan yang mudah serta respon baik peserta didik. Faktor penghambatnya adalah faktor dari dalam diri peserta didik yang kurang memiliki kesadaran untuk berperilaku baik, guru perlu mengeluarkan biaya tambahan sendiri saat menggunakan variasi reward lain sebagai upaya menghindari kebosanan penggunaan reward yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Motivasi, Punishment, Reward
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Dec 2023 13:48
Last Modified: 04 Dec 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum