PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN PENDEKATAN TRADITIONAL ACCOUNTING TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH

Utfa Arifah, NIM.: 06390089 (2010) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN PENDEKATAN TRADITIONAL ACCOUNTING TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN PENDEKATAN TRADITIONAL ACCOUNTING TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN PENDEKATAN TRADITIONAL ACCOUNTING TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh EVA, DER, ROE dan EPS secara simultan dan parsial terhadap stock return pada perusahaan perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Daftar Efek Syariah sebanyak delapan belas perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling kemudian disusun secara pooling. periode penelitian yaitu tahun 2007 sampai dengan tahun 2009. Variabel independen dari penelitian ini adalah EVA, DER, ROE dan EPS, sedangkan variabel dependennya adalah stock return. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Berdasarkan uji secara parsial untuk DER dan EPS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap stock return. Sedangkan untuk EVA dan ROE terhadap stock return perusahaan perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Daftar Efek Syariah tidak berpengaruh secara signifikan. Untuk uji secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara EVA, DER, ROE dan EPS secara bersama-sama terhadap stock return perusahaan perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Besarnya pengaruh tersebut adalah 0.302 atau 30.2%. dan secara parsial diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap stock return adalah DER dengan sig. t sebesar 0.035<0.05 dan EPS sig. t sebesar 0.001<0.05. Sedangkan EVA dengan sig. t sebesar 0.970>0.05 dan ROE dengan sig. t sebesar 0.984>0.05 tidak berpengaruh terhadap stock return. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0.241, hal ini berarti 24.1% variasi perubahan laba dapat dijelaskan oleh variasi dari tiga variabel yang berpengaruh terhadap perubahan laba. Sedangkan sisanya (100% - 24.1% = 75.9%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Slamet Haryono, M.Si, Ak dan Drs. A. Yusuf Khoiruddin SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Stock Return, Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Earning per Share (EPS) dan Economic Value Added (EVA).
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Dec 2023 14:31
Last Modified: 04 Dec 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum