ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009

Fitri Handayani, NIM.: 06390019 (2011) ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh faktor kinerja keuangan perusahaan yang diwakili oleh variabel EPS, DER, NPM, dan ROE yang diuji secara simultan dan parsial terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang pernah terdaftar di Jakarta Islamic Index yang terdaftar sekurang-kurangnya selama dua tahun. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data. Periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2009. Variabel independen dari penelitian ini adalah EPS, DER, NPM, dan ROE. Sedangkan variabel dependennya adalah harga saham. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari pihak kedua. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan EPS, DER, NPM, dan ROE mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Namun secara parsial rasio keuangan yang berpengaruh terhadap harga saham hanya variabel EPS dan ROE. Sedangkan DER dan NPM tidak mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Pada variabel EPS didapat hasil sesuai dengan hipotesis yakni koefisiennya positif dan thitungnya tidak melebihi tingkat signifikansi yang diijinkan, sehingga model tersebut dapat diterima. Sedangkan pada variabel DER didapat hasil yang tidak sesuai dengan hipotesis yakni meskipun koefisiennya positif yang berarti sesuai dengan hipotesis, namun thitungnya melebihi besaran tingkat signifikansi yang diijinkan, jadi hipotesis ditolak. Sedangkan pada variabel NPM meskipun tingkat signifikansinya tidak melebihi tingkat signifikansi yang diijinkan, namun koefisiennya negatif yang berarti tidak sesuai dengan hipotesa yang memprediksi pengaruh NPM terhadap harga saham adalah positif dan signifikan maka model tersebut ditolak. Sedangkan pada variabel ROE hasil ujinya sesuai dengan hipotesa yakni koefisiennya positif dan thitungnya tidak melebihi tingkat signifikansi yang diijinkan, sehingga model diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ibnu Qizam, SE, M.Si., Akt. dan Joko Setyono, SE, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Harga saham, Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Dec 2023 15:04
Last Modified: 04 Dec 2023 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum