PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PUGERAN SEMOYA PATUK GUNUNGKIDUL

Zuzun Aisiyah, NIM.: 08410250-E (2010) PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PUGERAN SEMOYA PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PUGERAN SEMOYA PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PUGERAN SEMOYA PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya waktu dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menuntut peran orang tua dirumah dalam membantu pendidikan Agama Islam pada anak – anak belajar Pendidikan Agama Islam, karena waktu mereka sebenarnya lebih banyak di rumah dibanding di sekolah maupun di TPA. Kenyataan lain yang muncul adalah orang tua siswa juga masih minim pendidikan dan pengetahuan tentang agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Agama Islam pada siswa Di SDN Pugeran Semoya Patuk Gunungkidul serta mengetahui peran orang tua dalam Pendidikan Agama Islam pada siswa Di SDN Pugeran Semoya Patuk Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Adapun subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu Orang tua siswa kelas III serta guru PAI di SDN Semoya Patuk Gunungkidul. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya pelaksanaan Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh Guru Agama Islam di SDN Pugeran dilakukan berdasarkan standar kompetensi dan kompentensi dasar yang berlaku bagi pendidikan Agama Islam untuk kelas III. Dalam hal ini pelaksanaan pendidikan Agama Islam Di SDN Pugeran Semoya Patuk Gunungkidul mencakup empat materi utama yaitu mencakup Al-Quran, aqidah, akhlak dan fiqih yang semuanya memiliki tujuan yang sama serta masing – masing materi dilakukan dengan mengandalkan metode yang hampir sama yaitu ceramah dan tanya jawab. Penyampaian materi – materi PAI tersebut ternyata dapat diterima dengan baik oleh para siswa SDN Pugeran, Semoya, patuk, Gunungkidul. Adapun peranan orang tua siswa dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam cukup baik dimana sebagian besar turut membantu dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam baik menyangkut materi Al-Quran, Aqidah, akhlah maupun fiqih walaupun dengan porsi yang berbeda – beda. Ada sebagian orang tua yang ikut dengan aktif dalam pembelajaran PAI kepada anak – anaknya ketikan berada di rumah, namu ada juga orang tua yang karena kesibukannya dalam masalah ekonomi mempercayakan masalah Pendidikan Agama Islam anak – anak mereka kepada sekolah maupun TPA. Hal tersebut lebih dikarenakan kondisi sosial ekonomi sebagaia besar orang tua yang sibuk sebagai petani yang menghabiskan sebagain besar waktunya disawah atau ditempat kerja sehingga mereka tidak sempat mengajarkan agama. Namun dalam beberapa hal mereka tetap memperhatikan maslaah agama seperti mengajak sholat wajib dan mengingatkan untuk berangkat mengaji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sardjuli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Orang Tua, Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 13:45
Last Modified: 05 Dec 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum