PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS V DI SDN NGALANG II, GEDANGSARI GUNUNG KIDUL

Siti Fatonah, NIM.: 08410249-E (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS V DI SDN NGALANG II, GEDANGSARI GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS V DI SDN NGALANG II, GEDANGSARI GUNUNG KIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS V DI SDN NGALANG II, GEDANGSARI GUNUNG KIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh SDN Ngalang II adalah masalah kemampuan Baca Tulis Al-Quran pada siswa khususnya kelas V. Semenjak kelas satu, siswa sudah diberi pendidikan baca tulis Al-Quran seminggu sekali. Namun pada kenyataannya hanya sebagian kecil siswa (kurang dari 10 siwa) yang bisa membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-quran Siswa kelas V di SDN Ngalang II Gedangsari Gunung Kidul serta efektifitas penggunaan metode Iqra guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-quran di SDN Ngalang II Gedangsari Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pendekatan strategi pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Ngalang II Gedangsari, Gunung Kidul. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Untuk menguji keabsahan data digunakan metode trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif (deskriptif analitik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Quran yang dilakukan oleh guru PAI pada kelas V di SDN Ngalang II, Gedangsari, Gunung Kidul dengan mendasarkan metode Iqra serta aturan – aturan yang berlaku atau ditetapkan dalam buku Iqra. Metode tersebut dipilih agar sinkron dengan metode yang digunakan oleh TPA dimana para siswa biasa belajar di luar sekolah, sehingga siswa lebih cepat menyerap pelajaran membaca Al-Quran tersebut. Dalam upaya meningkatkan kemampuan belajar membaca dan menulsi al-Quran pada siswa kelas V, guru agama Islam menerapkan atau melakukan beberapa tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan serta penilaian/evaluasi. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Quran dilakukan dengan membagi atau melakukan pretest pada setiap siswa kelas V dan kemudian mengelompokkannnya sesuai dengan kemampuan masing–masing. Dalam penerapan metode Iqra dalam pembelajaran kemampuan membaca dan menulis Al-Quran juga dengan melibatkan semua siswa untuk saling mengoreksi bacaan dari teman–temannya. Untuk mengetahu keberhasilan siswa, guru agama Islam melakukan test mebaca Al-Quran pada siswa dengan melibatkan semua siswa dikelas untuk saling mengecek bacaan dari teman – temannya. Secara keseluruahan siswa kelas V dapat mengikuti pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan terlihat tidak ada ketakutan ataupun tekanan karena guru memperlakukan siswa secara sama sehingga mereka yang belum lancar membaca Al-Quran tidak merasa minder dan yang sudah pun tidak lantas merasa paling pintar. Hal ini menunjukkan bahwa metode Iqra sudah cukup efektif diterapkan di kelas V SDN Ngalang II Gedangsari, Gunungkidul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Al-Quran, Pendidikan Anak, Buku Iqra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 13:48
Last Modified: 05 Dec 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum