“BELAJAR SAMBIL BERMAIN” DALAM PEMBELAJARAN PAI DI RA MASYITOH KEBOKUNING PATUK GUNUNG KIDUL

Siti Fathonah, NIM.: 08410259-E (2010) “BELAJAR SAMBIL BERMAIN” DALAM PEMBELAJARAN PAI DI RA MASYITOH KEBOKUNING PATUK GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“BELAJAR SAMBIL BERMAIN” DALAM PEMBELAJARAN PAI DI RA MASYITOH KEBOKUNING PATUK GUNUNG KIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (“BELAJAR SAMBIL BERMAIN” DALAM PEMBELAJARAN PAI DI RA MASYITOH KEBOKUNING PATUK GUNUNG KIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dan malah bermain atau ngobrol sendiri dengan teman sebangkunya. Siswa terlihat bosan dan jenuh mengikuti pelajaran dan sibuk sendiri – sendiri jika pelajaraan sudah beberapa saat berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di RA Masyitoh Kebokuning, Patuk Gunung Kidul serta untuk mengetahui faktor – faktor yang menunjang proses “belajar sambil bermain” dalam pembelajaran PAI di RA Masyitoh Kebokuning, patuk Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dengan subjek penelitian adalah para guru TK RA Masyitoh Kebokuning Patuk Gunung Kidul. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran materi PAI yang materinya meliputi Aqidah akhlak, ibadah, membaca dan menulis Al-Quran serta Muamallah. kepada para siswa di RA Masyitoh melalui metode belajar sambil bermain dilakukan dengan bernyanyi, mendongeng dan mengenal huruf dengan gambar – gambar yang menarik, tebakan, kegiatan di luar kelas maupun praktek langsung, sehingga dengan metode belajar sambil bermain ini ternyata anak – anak lebih mudah mengingat dan menghafal serta memahami materi yang disampaikan oleh para guru. Terdapat beberapa faktor – Faktor yang turut menunjang keberhasilan proses pembelajaran PAI melalui strategi “belajar sambil bermain” yaitu kemampuan para guru yang mampu berkreasi atau membuat ide untuk mengemas setiap materi pembelajaran PAI menjadi sesuatu hal yang cukup menarik untuk dipelajari. Selain itu semangat dan kemampuan belajar siswa terutama dalam menyerap materi yang diberikan meskipun penyampaiannya dikemas dalam bentuk permainan. Faktor satu lagi yang terpenting adalah tersedianya sarana dan prasarana seperti alat peraga dan berbagai jenis alat permainan yang dapat menunjang pembelajaran PAI merupakan faktor yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran PAI melalui strategi “belajar sambil bermain”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 13:50
Last Modified: 05 Dec 2023 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum