EKSPERIMENTASI METODE TAHSIN MODEL USTADZ ABU RABBANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL

Jumaroh, NIM.: 07410156 (2011) EKSPERIMENTASI METODE TAHSIN MODEL USTADZ ABU RABBANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE TAHSIN MODEL USTADZ ABU RABBANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE TAHSIN MODEL USTADZ ABU RABBANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Al-Qur’an kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Tahsin Model Ustadz Abu Rabbani) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan metode Tahsin) pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode Tahsin Model Ustadz Abu Rabbani dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu siswa kelas X E dengan jumlah 28 Siswa, dan kelompok kontrol yaitu yang tidak menggunakan metode Tahsin dalam pembelajaran Al-Qur’an, yaitu kelas X B dengan jumlah 27 Siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji kualitas instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, dan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Analisis data dengan menggunakan rumus uji "t". Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi Al-Qur’an siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor ratarata post-test kelompok eksperimen sebesar 8,0179, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 5,1667. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar materi Al-Qur’an tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 2,08929, sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 0,68519. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode Tahsin Model usatadz Abu Rabbani dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan kelas yang tidak menggunakan metode Tahsin Model usatdz Abu Rabbani mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga metode Tahsin Model usatdz Abu Rabbani dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Materi Pembelajaran, Metode Tahsin, Ustadz Abu Rabbani
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:14
Last Modified: 05 Dec 2023 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum