PEMBINAAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK DI SDN WADUK PATUK GUNUNGKIDUL

Nur Indarti, NIM.: 08410266-E (2010) PEMBINAAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK DI SDN WADUK PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK DI SDN WADUK PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK DI SDN WADUK PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembinaan akhlak bagi peserta didik di SDN Waduk, Patuk, Gunungkidul serta untuk mengetahui efektifitas pembinaan akhlak peserta didik di SDN Waduk, Patuk, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian berupa pendekatan psikologi pendidikan. Adapun subjek penelitian adalah guru dan sisiwa kelas IV tahun ajaran 2009/2010 di SDN Waduk Patuk Gunung Kidul. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif melalui tiga alur kegiatan dalam analisis kualitatif yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode atau model yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa di SDN Waduk patuk Gunungkidul dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu pertama metode hiwar (percakapan)yaitu pembinaan aqidah akhlak melalui ceramah dikelas maupun melalui ceramaha seusia sholat dzuhur serta pada saat menyampaikan amanat pada saat upacara hari senin yang berhubungan dengan nilai-nilai kesusilaaan, tata krama, sopan santun dan kedisiplinan. Kedua metode kisah, dalam hal ini guru PAI memberikan atau menceritakan kisah nabi maupun kisah – kisah yangberhubungan dengan nilai – nilai aqidah yang dapat dijadikan suri tauladan bagi peserta didik. Ketiga metode mendidik dengan teladan. Mendidik dengan teladan yang dimasud disini adalah guru PAI perlu memberikan contoh kebiasaan yang baik kepada para peserta didik, seperi membiasakan memberi salam jika berpapasan dengan guru lain ataupun siswa, datang ke sekolah tepat pada waktunya, menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terkait dengan efektifitas pembinaan akhlak peserta didik di SDN Waduk, Patuk, Gunungkidul, berbagai model dan metode yang diterapkan para guru dalam pembinaan akhlak peserta didiknya cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap dan perilaku para siswa yang menunjukkan arah yang lebih baik dalam banyak hal seperti peserta didik akan memiliki pengetahuan dasar-dasar keagamaan serta memiliki pengetahuan dasar akhlak. Wujud nyata keberhasilan pembinaan akhlak di SDN Waduk, patuk Gunungkidul adalah ketika akan masuk kelas peserta didik selalu mengucapkan salam, ketika berpapasan dengan guru mereka mengangguk dan mengucapkan salam, mendengarkan dan mematuhi aturan yang diterapkan sekolah, selalu mengikuti sholah dzuhur berjamaah yang diadakan di sekolah dan tidak mengganggu kelas lain yang sedang menerima pelajaran jika kebetulan kelas mereka kosong tidak ada guru. Meskipun demikiaan, sebenarnya masih ada juga sebagain kecil siswa yang melakukan pelanggaran serta berperilaku yang belum menunjukkan perilaku akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:01
Last Modified: 05 Dec 2023 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum