RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Nely Rahmawati Zaimah, NIM.: 07420030 (2011) RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RESPON SISWA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) TERHADAP PROGRAM APLIKASI AL-QUR’AN KELAS VIII MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa tentang pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an dan mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an bagi kelas VIII MTsN Prambanan Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Dalam hal penentuan subyek, peneliti menggunakan teknik random sampling, dikarenakan subyek penelitian berjumlah besar, yakni 189 siswa maka penulis menentukan sampel 25% dari seluruh siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuisioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus koefisien alpha. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Respon siswa tentang pengaruh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al- Qur’an, diantaranya yaitu Jika siswa belum mampu membaca teks berbahasa Arab dengan benar, berarti siswa juga belum mampu membaca al-Qur’an dengan benar pula dan Pelajaran Bahasa Arab mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. 2) Berdasarkan hasil analisis uji regresi, disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) terhadap program aplikasi al-Qur’an”. Hal ini ditunjukkan dalam tabel summary terdapat nilai R Square diperoleh angka 0,593, yang berarti 59,3% keberhasilan program aplikasi al-Qur’an dipengaruhi oleh pembelajaran keterampilan membaca (qira’ah) dan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. AsrorI Saud, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelaja, ran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca, Aplikasi al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:04
Last Modified: 05 Dec 2023 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum