PENGEMBANGAN KOMIK PEMANASAN GLOBAL UNTUK MEMPERKAYA PEMAHAMAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA/MA KELAS XI

Yola Maulida, NIM.: 19104050044 (2023) PENGEMBANGAN KOMIK PEMANASAN GLOBAL UNTUK MEMPERKAYA PEMAHAMAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMIK PEMANASAN GLOBAL UNTUK MEMPERKAYA PEMAHAMAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA/MA KELAS XI)
19104050044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMIK PEMANASAN GLOBAL UNTUK MEMPERKAYA PEMAHAMAN DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA/MA KELAS XI)
19104050044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang digunakan pasa pembelajaran fisika di sekolah kurang bervariasi dan terbatas. Penggunaan bahan ajar hanya sebatas buku pelajaran utama dan ppt yang dimanfaatkan. Siswa merasa jenuh untuk membacanya karena penggunaan kalimat pada buku pelajaran utama biasanya mengggunakan bahasa yang kaku dan kurang komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui hasil pengembangan bahan ajar komik pada materi pemanasan global kelas XI. (2) mengetahui kelayakan bahan ajar komik pada materi pemanasan global pada siswa kelas XI. (3) mengetahui respon siswa pada bahan ajar komik dalam memperkaya pemahaman konsep dan kesadaran lingkungan. (4) mengetahui pemahaman dan kesadaran lingkungan siswa setelah membaca komik pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4-D. Tahapan dari 4-D yaitu, 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Dessiminate. Pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahapan Develop dengan uji coba luas. Penilaian kelayakan produk menggunakan skala Likert dengan 4 interval. Sedangkan respon siswa dan pemahaman & kesadaran lingkungan siswa terhadap pemanasan global menggunakan skala Guttman.intrumen pada penelitian ini meliputi lembar wawancara, lembar validasi, pembar penilaian kelayakan produk, lembar respon siswa dan lembar angket pemahaman dan kesadaran lingkungan. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar komik pemanasan global untuk siswa SMA/MA. Hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media secara berurutan mendapatkan rerata skor sebesar 3,40 dan 3,75 dengan kriteria Sangat Baik (SB). Hasil dari uji coba terbatas dang uji coba luas secara berurutan respon siswa mendapatkan skor sebesar 0,95 dan 0,90 dengan kriteria setuju (S). Penilaian pemahaman dan kesadaran lingkungan siswa pada saat uji coba luas mendapatkan skor 0,85 dengan kriteria setuju (S).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rachmad Resmiyanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, esadaran lingkungan, komik, pemanasan global
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:24
Last Modified: 05 Dec 2023 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum