ENSIKLOPEDIA INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI KERAGAMAN JENIS MAKROALGAE ZONA LITORAL PANTAI SERUNI GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIS SISWA KELAS X SMA/MA

Maisaroh Nur Aisyah, NIM.: 19104070034 (2023) ENSIKLOPEDIA INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI KERAGAMAN JENIS MAKROALGAE ZONA LITORAL PANTAI SERUNI GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIS SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ENSIKLOPEDIA INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI KERAGAMAN JENIS MAKROALGAE ZONA LITORAL PANTAI SERUNI GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIS SISWA KELAS X SMA/MA)
19104070034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ENSIKLOPEDIA INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI KERAGAMAN JENIS MAKROALGAE ZONA LITORAL PANTAI SERUNI GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIS SISWA KELAS X SMA/MA)
19104070034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan unntuk mengembangkan sumber belajar yang didasarkan pada hasil penelitian inventarisasi Makroalga di Pantai Seruni Gunungkidul menjadi Ensiklopedia Makroalga. Penelitian ini terdiri dari dua jenis penelitian yaitu penelitian pendahuluan berupa inventarisari dan keanekaragaman jenis Makroalga di Pantai Seruni Gunungkidul dengan menggunakan metode jelajah yang kemudian menghasilkan 25 spesies Makroalga dengan indeks keanekaragaman spesies sebesar 2,94 dan masuk pada kategori indeks keanekaragaman sedang. Hasil dari penelitian pendahuluan selanjutnya dikembangkan menjadi sumber belajar dengan jenis penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan yang dipilih untuk adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan rancangan penelitian yang dibatasi menjadi ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Data yang diperoleh adalah berupa data ordinal yang dianalisis secara statistik untuk memperoleh presentase keidealan produk. Menurut hasil penilaian Perr reviewer, Ahli materi, Ahli Media, Guru Biologi SMA/MA, dan Respon Siswa masing-masing memberikan skor presentase keidealan secara berurutan sebesar 92,69%, 97,59%, 86,63%, 91,33%, dan 85,14%. Skor presentase keidealan tersebut masuk kedalam kategori “Sangat Layak” untuk digunakan. Pengembangan Ensiklopedia dibatasi pada materi makroalga yang masuk pada sub bab Klasifikasi makhluk hidup pada bab Keanekaragaman hayati dan untuk lokasi penelitian hanya dikhususkan pada satu pantai saja, sehingga untuk penelitian selanjutnya alangkah lebih baiknya dapat dikembangkan lagi pada materi lain dan lokasi penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo M.Pd.
Uncontrolled Keywords: inventory, Makroalga, ADDIE, sumber belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:30
Last Modified: 05 Dec 2023 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum