PERAN TEMAN SEBAYA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VI DI MI AL-IMAN BULUS PURWOREJO

Happy Asy Syifaini Abadiyyah, NIM.: 19104080029 (2023) PERAN TEMAN SEBAYA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VI DI MI AL-IMAN BULUS PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TEMAN SEBAYA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VI DI MI AL-IMAN BULUS PURWOREJO)
19104080029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN TEMAN SEBAYA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VI DI MI AL-IMAN BULUS PURWOREJO)
19104080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan, meliputi pengembangan karakter. Salah satu bentuk penting dari pendidikan karakter adalah pendidikan karakter religius. Pendidikan ini berperan dalam untuk mengembangkan manusia yang berakhlak mulia dengan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pendidikan karakter religius, teman sebaya memainkan peran yang signifikan dalam perkembangan psikologis anak melalui proses sosialisasi, yang mempengaruhi akhlak terhadap guru dan staf pendidikan. Penelitian tentang karakter religius siswa kelas VI di MI Al-Iman Bulus Purworejo melibatkan gambaran karakter, peran teman sebaya, dan guru. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan jika siswa kelas VI di MI Al-Iman Bulus Purworejo memiliki karakter religius cukup baik yang terlihat dari sikap mereka dalam kehidupan sehari-hari di dalam dan di luar kelas. Peran teman sebaya yang berfungsi sebagai sumber motivator, penasihat, dan teladan. Hal ini dapat dilihat ketika mereka melakukan kegiatan di madrasah. Peran guru dalam mengembangkan karakter religius siswa kelas VI guru sebagai pengajar, guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai teladan, dan guru sebagai penasihat. Hal ini dilihat dari sikap disiplin, mandiri, tanggung jawab, peduli sosial dan lingkungan. Guru juga selalu mendorong siswa untuk berbuat baik dengan memberikan contoh tindakan, bukan sekedar memberi perintah. Penelitian menyimpulkan jika pendidikan karakter religius di MI Al-Iman Bulus Purworejo berdampak positif pada siswa kelas VI, berkat peran teman sebaya dan peran guru dalam menciptakan lingkungan yang mendukung karakter religius yang kuat pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: peran guru; karakter religius; pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:40
Last Modified: 05 Dec 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum