KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL USTAZ PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL

Alfina Rahmatul Ulya, NIM.: 19104090032 (2023) KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL USTAZ PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL USTAZ PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL)
19104090032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL USTAZ PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL)
19104090032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi ustaz PDF (Pendidikan Diniyah Formal) yang kurang mendapatkan perhatian secara maksimal dari pemerintah, masih minimnya riset tentang kompetensi ustaz PDF, dan masih ditemukannya problematika rendahnya kompetensi ustaz yang mengajar lembaga pendidikan yang ada di pesantren khususnya lembaga PDF. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui landasan hukum, kebijakan beserta hasil kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia dalam mengembangkan kompetensi profesional ustaz PDF. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian sejumlah 10 orang yaitu: Kepala Subdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly, Sub Koordinator Seksi Ketenagaan, Sub Koordinator Seksi Kurikulum, Sub Koordinator Seksi Kesantrian, Sub Koordinator Seksi Sarpras dan Kelembagaan dan tiga ustaz PDF. Adapun teknik analisis data dengan transcript, coding, grouping, comparing, dan contrasting. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan hukum kebijakan pengembangan kompetensi professional ustaz PDF adalah Peraturan Menteri Agama (PMA) No.13 tahu 2014 dan Peraturan Menteri Agama No,31 tahun 2020. Dari landasan hukum tersebut menghasilkan kebijakan pengembangan kompetensi kompetensi professional ustaz PDF yaitu PMA No. 13 tahun 2014 Pasal 31 ayat 1 dan PMA No.31 tahun 2020 pasal 39 ayat 1 dan 2. Adapun hasil dari kebijakan pengembangan kompetensi kompetensi professional ustaz PDF terdapat spillover dan side effect. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian terkait kebijakan pengembangan kompetensi profesional ustaz, dapat membantu pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam mengevaluasi kebijakan pengembangan kompetensi profesional ustaz yang dilakukannya, dan membantu ustaz dalam memahami kompetensi yang harus dimilikinya untuk menjadi pendidik profesional pada satuan PDF (Pendidikan Diniyah Formal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional; Ustaz PDF; professional competence
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:42
Last Modified: 05 Dec 2023 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum