TINJAUAN YURIDIS KASUS TINDAK PIDANA INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (STUDI PUTUSAN NOMOR 287/Pid.Sus/2020/PN Yyk)

Nur Muhammad Ikhsanun, NIM.: 18103040016 (2023) TINJAUAN YURIDIS KASUS TINDAK PIDANA INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (STUDI PUTUSAN NOMOR 287/Pid.Sus/2020/PN Yyk). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS KASUS TINDAK PIDANA INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (STUDI PUTUSAN NOMOR 287/Pid.Sus/2020/PN Yyk))
18103040016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS KASUS TINDAK PIDANA INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (STUDI PUTUSAN NOMOR 287/Pid.Sus/2020/PN Yyk))
18103040016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media teknologi saat ini cukup tinggi. Peranan teknologi dalam setiap lini kehidupan dan kegiatan masyarakat sangat mempengaruhi keadaan sosial yang ada. Hal tersebut juga berbanding lurus akan kebutuhan hukum yang responsif atas pesatnya perkembangan teknologi masa kini. Salah satu instrumen hukum yang penting ialah putusan pengadilan yang harus memberi ruang keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum terkait tindak pidana informasi dan transaksi elektronik. Putusan Pengadilan Nomor 287/Pid.Sus/2020/PN Yyk merupakan salah satu yang putusan yang perlu mendapat kajian terkait pemenuhan keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum. Pokok masalah penelitian kali ini ialah bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dan sejauh mana Putusan Pengadilan Nomor 287/Pid.Sus/2020/PN Yyk memenuhi keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum. Jenis penelitian kali ini merupakan penelitian pustaka dengan pendekatan yuridis normatif. Metode analisis yang digunakan ialah yuridis-normatif, dengan fokus analisis putusan pengadilan dengan teori keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum. Penelitian juga ditunjang dengan data yang diperoleh dari instansi Pengadilan Negeri Yogyakarta dengan metode wawancara dengan hakim yang ditunjuk sebagai narasumber oleh instansi. Teori yang digunakan ialah teori keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa pertimbangan hakim beserta alat bukti dan pembuktian dalam Putusan Pengadilan Nomor 287 Pid.Sus/2020/PN Yyk telah sesuai dengan ketentuan normatif dan pembuktian dalam hukum pidana. Hasil penelitian kedua, keadilan putusan dalam hal vonis pidana penjara yang dijatuhkan telah sesuai dengan fakta persidangan yang muncul. Disisi lain, pemusnahan barang bukti milik terdakwa berupa handphone dan SIM Card seharusnya dapat dipertimbangkan kembali oleh hakim atas asas kemanfaatan akan hal tersebut. Kerugian psikologis bagi pihak korban yang tidak memberatkan terdakwa juga merupakan hasil penelitian yang menunjukkan asas keadilan putusan kurang terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ach. Tahir, S.H.I., S.H., LL.M., M.A.
Uncontrolled Keywords: verdict; justice; technology; kepastian hukum
Subjects: Ilmu Hukum
PIDANA
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 13:54
Last Modified: 05 Dec 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum