PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI TAMRINUL ULUM JETIS SEMARANG

Anita Rahmawati, NIM.: 07420047 (2011) PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI TAMRINUL ULUM JETIS SEMARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI TAMRINUL ULUM JETIS SEMARANG)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI TAMRINUL ULUM JETIS SEMARANG)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses prmbelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media permainan puzzle apakah pembelajaran dengan media permainan puzzle dan mengetahui apakah media permainan puzzle berperan dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis Semarang yang berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pre-test dan post- test siklus I dan siklus II. Data aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan presentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data hasil belajar diambil dengan pre-test dan post- test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam rata – rata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post- test siklus II dengan rerata post- test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis Semarang. Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Puzzle ini berperan dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa dengan adanya nilai effect size antara nilai rerata pre- test dan post- test siklus I adalah 13,69 dan antara rerata pre- test dan post- test siklus II adalah 15,53. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,42 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata – rata posttest siklus II dengan rerata post- test siklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Dr.H. Nizar Ali M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Puzzle, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:44
Last Modified: 05 Dec 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum