REKAYASA PERNIKAHAN SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI PELANGKAHAN NIKAH STUDI KASUS DI DESA MUSUK KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN PERSPEKTIF TOKOH ADAT DAN TOKOH ISLAM

Amin Hidayat, NIM.: 19103060084 (2023) REKAYASA PERNIKAHAN SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI PELANGKAHAN NIKAH STUDI KASUS DI DESA MUSUK KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN PERSPEKTIF TOKOH ADAT DAN TOKOH ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKAYASA PERNIKAHAN SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI PELANGKAHAN NIKAH STUDI KASUS DI DESA MUSUK KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN PERSPEKTIF TOKOH ADAT DAN TOKOH ISLAM)
19103060084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REKAYASA PERNIKAHAN SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI PELANGKAHAN NIKAH STUDI KASUS DI DESA MUSUK KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN PERSPEKTIF TOKOH ADAT DAN TOKOH ISLAM)
19103060084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari realitas masyarakat Desa Musuk Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen. Dimana masyarakat memiliki tradisi rekayasa pernikahan sebagai upaya menghindari pelangkahan nikah. Tradisi ini dilaksanakan oleh seorang kakak ketika sang adik ingin menikah mendahului kakaknya dengan cara sang kakak harus menikah terlebih dengan janda jompo untuk syarat agar sang adik tidak dianggap menikah melangkai kakaknya. Tradisi rekayasa pernikahan sebagai upaya menghindari pelangkahan nikah merupakan tradisi turun-temurun yang ada di tengah-tengah masyarakat Desa Musuk. Hal ini yang melatarbelakangi penyusun melakukan penelitian ini, dimana fokus dari penelitian ini adalah mengeksploarasi dan untuk mengetahui bagaimana tradisi ini dilaksanakan di Desa Musuk, terutama terkait perbedaan pandangan tokoh adat dan tokoh agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan ushul fiqh, yaitu menggunakan teori urf. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Penelitian di lapanagan digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi terkait proses pelaksanaan tradisi rekayasa pernikahan sebagai upaya menghindari pelangkahan nikah dan pandangan tokoh Adat dan tokoh Islam di Desa Musuk Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen. Oleh karena itu pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara pada informan dan dokumentasi. Dimana informan yang ditunjuk adalah Tokoh Adat dan Tokoh Islam di Desa Musuk. Berdasarkan hasil penelitian tradisi rekayasa pernikahan sebagai upaya menghindari pelangkahan nikah menurut pandangan tokoh Islam di Desa Musuk berbeda pendapat. Dua tokoh tidak membolehkan sedangkan satu tokoh membolehkan. Kedua tokoh Islam tidak membolehkan karena didalam proses upacara tradisi tersebut seorang kakak harus dibebankan dengan macam-macam syarat adat seperti memberikan sri kawin dan uang kepada orang yang akan dinikahi secara rekasaya hingga menikah dengan duda jompo atau janda jompo. Sedangkan satu tokoh Islam berpandangan tradisi rekayasa pernikahan di Desa Musuk adalah perbuatan yang baik, karena merupakan bentuk menghormati adat yang sudah ada sejak jaman dulu bawasanya pernikahan harus dilakukan dari yang tua hingga yang muda. Jika dilihat dari segi pelaksanaan tradisi rekayasa pernikahan di Desa Musuk tergolong ke dalam ‘Urf fasid, yaitu sebuah tradisi yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat, akan tetapi bertentangan dengan syara’. Karena dalam proses pelaksanaannya merugikan salah satu pihak yaitu seorang kakak yang diharuskan menikah secara rekayasa dengan duda jompo atau janda jompo serta memberikan sri kawin dan uang sebagai tanda terimakasih. Sedangkan tradisi rekayasa pernikahan yang dilaksanakan di Desa Musuk bertentangan dengan UU Nomer 1 Tahun 1974 karena pernikahan yang dilaksanakan tidak bertujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Vita Fitria, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: tradition; 'Urf; traditional leaders; Islamic Leaders; hukum perkawinan
Subjects: Perbandingan Madzhab
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:48
Last Modified: 05 Dec 2023 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum