NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: ANALISIS WACANA VAN DIJK DALAM PODCAST PROGRAM JOURNEY OF RELIGION DI YOUTUBE THE LEONARDO’S

Muhammad Solihin, NIM.: 21202012020 (2023) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: ANALISIS WACANA VAN DIJK DALAM PODCAST PROGRAM JOURNEY OF RELIGION DI YOUTUBE THE LEONARDO’S. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: ANALISIS WACANA VAN DIJK DALAM PODCAST PROGRAM JOURNEY OF RELIGION DI YOUTUBE THE LEONARDO’S)
21202012020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: ANALISIS WACANA VAN DIJK DALAM PODCAST PROGRAM JOURNEY OF RELIGION DI YOUTUBE THE LEONARDO’S)
21202012020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era modern yang semakin majemuk dan terbuka, moderasi beragama menjadi semakin penting. Moderasi beragama merupakan sebuah konsep yang mengusung toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan mengindari konflik antar umat beragama. Dalam konteks masyarakat yang semakin majemuk, dimana beragam kelompok agama hidup bersama, moderasi beragama dapat membantu memperkuat kerukunan dan menghindari konflik antarumat beragama. Pentingnya moderasi beragama juga dapat dilihat dari fakta bahwa praktik ekstrimisme dan intoleransi beragama semakin marak terjadi di beberapa negara. Dalam situasi seperti ini, moderasi beragama menjadi semakin penting sebagai upaya untuk mencegah terjadinya konflik dan memperkuat perdamaian sosial. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memperkuat praktik yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama dalam masyarakat dan mempromosikannya sebagai prinsip yang fundamental dalam membangun harmoni antarumat beragama. Kajian penelitian ini membahas mengenai Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Podcast Program Journey of Religion di Youtube The Leonardo‟s, Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasinya. menggunakan pendekatan analisis wacana Van Dijk sebagai upaya untuk mengupas dan meneliti teks, kognisi sosial dan konteks sosial dialog mengandung nilai-nilai moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal Penelitian ini menemukan bahwa dalam Podcast Program Journey of Religion dari segi teks, melalui dialog-dialog yang dilakukan antara Onad bersama lima tokoh agama mengandung nilai-nilai moderasi beragama yang di analisis dari pemilihan kata, majas, gaya bahasa, dan ekspresi yang digunakan, terlihat adanya pembahasan mengenai ajaran agama, membangun hubungan antar sesama manusia dan tuhannya masing-masing dengan tetap menghormati satu sama lain dalam keberagaman agama tanpa bertentangan dengan Pancasila. Dari segi Kognisi sosial, adanya kesadaran Onad membuat podcast program Journey of Religion sebagai ruang untuk mengatasi stereotip negatif masing-masing agama dengan mendengar langsung penjelasan dari masing-masing tokoh agama. Dari segi konteks sosial Onad memiliki status sosial yang kuat sebagai seorang publik figur dengan basis penggemar di berbagai wilayah, sehingga dialog-dialog antara Onad dengan lima tokoh agama yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama dapat menjangkau khalayak lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: religious moderation; discourse analysis; journey of religion; media sosial
Subjects: Moderasi Beragama
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 10:23
Last Modified: 06 Dec 2023 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62511

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum