DAMPAK PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KB) PADA KESEJAHTERAAN KELUARGA: Studi Kasus Di Dusun Wunut Desa Sumberwungu Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Dian Novitasari, NIM.: 19102050011 (2023) DAMPAK PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KB) PADA KESEJAHTERAAN KELUARGA: Studi Kasus Di Dusun Wunut Desa Sumberwungu Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KB) PADA KESEJAHTERAAN KELUARGA: Studi Kasus Di Dusun Wunut Desa Sumberwungu Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta)
19102050011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KB) PADA KESEJAHTERAAN KELUARGA: Studi Kasus Di Dusun Wunut Desa Sumberwungu Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta)
19102050011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampung KB dicanangkan pada daerah terpencil dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia. Berdasarkan data BKKBN tahun 2020 jumlah penduduk prasejahtera di DIY sebanyak 122.070,00 sehingga perlu dilakukan kajian mengenai dampak program kampung KB pada kesejahteraan keluarga bagi penerima manfaat atau kelompok sasaran program kampung KB. Dusun Wunut merupakan satu-satunya daerah di Desa Sumberwungu yang dicanangkan sebagai Kampung KB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan dampak program Kampung KB pada kesejahteraan keluarga di Dusun Wunut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teori dan indikator evaluasi dampak (before and after comparisons) menurut Ernest Alexander. Subjek dalam penelitian ini adalah penerima manfaat atau kelompok sasaran program Kampung KB. Objek penelitiannya adalah dampak program Kampung KB. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik/metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampung KB di Dusun Wunut berdampak positif pada penerima manfaat atau kelompok sasaran sesuai dengan kriteria kesejahteraan masyarakat. Perubahan kondisi pendidikan ditandai dengan meningkatnya ilmu pengetahuan masyarakat (naiknya jumlah rata-rata usia sekolah dan turunnya angka pernikahan dini). Kondisi kesehatan ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan gizi dan fasilitas kesehatan. Kondisi ketahanan keluarga ditandai dengan meningkatnya income perkapita keluarga. Kondisi sosial budaya ditandai dengan berkembangnya kesenian (reog, doger), terjalinnya kerja sama dan gotong royong. Kondisi keagamaan ditandai dengan adanya kegiatan pengajian dan TPA di masjid. Perubahan tersebut berkaitan dengan indikator output Kampung KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Ulil Absor, S.H.I., MA.
Uncontrolled Keywords: kampung KB; indikator kesejahteraan keluarga; BKKBN
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 10:51
Last Modified: 06 Dec 2023 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum