IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN BENDUNGAN I KAPANEWON KARANGMOJO TAHUN 2022

Luhur Arroyyan, NIM.: 19204090008 (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN BENDUNGAN I KAPANEWON KARANGMOJO TAHUN 2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN BENDUNGAN I KAPANEWON KARANGMOJO TAHUN 2022)
19204090008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN BENDUNGAN I KAPANEWON KARANGMOJO TAHUN 2022)
19204090008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi COVID-19 di SD Negeri Bendungan 1, Kapanewon Karangmojo, pada tahun 2023. Peneliti bertujuan untuk mengevaluasi kualitas manajemen kelas dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi, dengan fokus pada pemecahan masalah terkait motivasi belajar peserta didik melalui penerapan manajemen kelas yang baik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan oleh guru dalam menerapkan kurikulum tematik di kelas saat pembelajaran dilakukan secara daring (Work From Home) selama pandemi COVID-19, dengan tujuan agar guru dapat menciptakan iklim belajar yang efektif dan sukses. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (In depth interview) dan Dokumentasi (Documentation). Dalam pendekatan ini, peneliti menggunakan analisis data Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa cara untuk mengatasi masalah manajemen kelas selama pandemi COVID-19 di SD Bendungan I menggunakan pendekatan yang kreatif dan efektif. Berikut adalah beberapa bentuk penerapannya: Komunikasi yang efektif, Penjadwalan yang fleksibel, Penggunaan teknologi, Pengelolaan kelas virtual, Penilaian dan umpan balik, dan Keterlibatan orang tua. Selama pandemi, fleksibilitas, adaptabilitas, dan pemahaman akan tantangan yang dihadapi oleh murid dan orang tua menjadi kunci utama dalam mengelola manajemen kelas yang efektif. Penting untuk terus berkolaborasi dengan semua pihak terkait untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal di SD Bendungan I. Untuk viii mengimplementasikan kurikulum tematik dan menciptakan iklim belajar yang efektif di kelas, guru melakukan beberapa langkah sebagai berikut. Pertama, memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik. Kedua, menyajikan tema-tema yang terkait dengan materi pembelajaran. Ketiga, mengajarkan nilai-nilai moral seperti berbicara dengan baik dan membagikan kisah-kisah inspiratif sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Guru juga memberikan motivasi dan semangat belajar kepada siswa dengan karakteristik yang beragam, sehingga dapat menumbuhkan minat belajar. Dengan adanya minat belajar, keberhasilan siswa dapat diukur melalui hasil yang dicapai dalam proses pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: classroom management; alat peraga; media pembelajaran; pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 15:19
Last Modified: 06 Dec 2023 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum