IMPLEMENTASI FUNGSI PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI IKATAN MAHASISWA BERPRESTASI WONOGIRI (IMAPRES WONOGIRI) PERIODE 2020-2021

Muhammad Ilman Nafi, NIM.: 19102040031 (2023) IMPLEMENTASI FUNGSI PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI IKATAN MAHASISWA BERPRESTASI WONOGIRI (IMAPRES WONOGIRI) PERIODE 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FUNGSI PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI IKATAN MAHASISWA BERPRESTASI WONOGIRI (IMAPRES WONOGIRI) PERIODE 2020-2021)
19102040031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FUNGSI PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI IKATAN MAHASISWA BERPRESTASI WONOGIRI (IMAPRES WONOGIRI) PERIODE 2020-2021)
19102040031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ikatan Mahasiswa Berprestasi Wonogiri (Imapres Wonogiri) merupakan wadah aspirasi mahasiswa berprestasi Wonogiri dalam pelaksanaan kontribusi nyata bagi masyarakat khususnya dibidang sosial dan pendidikan. Dalam proses berjalannya, Imapres Wonogiri terbagi menjadi beberapa bagian kepengurusan disetiap periodenya yakni selama 1 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi pengorganisasian pada Imapres Wonogiri periode 2020-2021 secara lebih mendetail. Penelitian ini mengacu pada teori Malayu S. P. Hasibuan tentang proses pengorganisasian dalam organsiasi. Teori ini dipilih untuk menjadi pisau analisis karena penelitian ini menekankan pada tahapan organisasi dalam pengimplementasian fungsi pengorganisasian. Hal tersebut tentunya ekuivalen dengan judul penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan naturalistik yang berguna untuk mencari dan menemukan suatu fenomena tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisys interactive model Miles, Huberman dan Saldana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Imapres Wonogiri telah melaksanakan tahapan proses di dalam fungsi pengorganisasian. Tahapan- tahapan yang diimplementasikan yakni berupa penentuan tujuan, penentuan kegiatan, pengelompokan kegiatan, pendelegasian wewenang, rentang kendali, peranan perorangan, penetapan tipe organisasi, dan penetapan bentuk organisasi. Pada tahapan pengelompokan kegiatan, Imapres Wonogiri menciptakan bagian baru yang menjadi solusi permasalahan mapres yang mengalami kendala dalam berkontribusi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muhammad Rosyid Ridla, M. Si.
Uncontrolled Keywords: pengorganisasian; imapres wonogiri; organizing
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 11:11
Last Modified: 06 Dec 2023 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum