BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS TAKLIM KHUSNUL KHOTIMAH LOANO PURWOREJO JAWA TENGAH

Nur Amalia, NIM.: 19102020027 (2023) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS TAKLIM KHUSNUL KHOTIMAH LOANO PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS TAKLIM KHUSNUL KHOTIMAH LOANO PURWOREJO JAWA TENGAH)
19102020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS TAKLIM KHUSNUL KHOTIMAH LOANO PURWOREJO JAWA TENGAH)
19102020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kebutuhan bagi seseorang yang memeluk agama islam. Kemampuan membaca Al-Qur’an memerlukan motivasi untuk terus belajar khususnya lansia. Terlebih lagi pada usia lanjut akan banyak mengalami kendala seperti penurunan fungsi fisik dan kognitifnya. Pemberian bimbingan kelompok sangat penting untuk menambah motivasi lansia dalam belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap bimbingan kelompok untuk memotivasi belajar membaca Al-Qur’an pada lansia di Majelis Taklim Khusnul Khotimah Loano Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 pembimbing dan 3 lansia peserta bimbingan kelompok. adapun objek penelitian adalah tahap-tahap bimbingan kelompok untuk memotivasi belajar membaca Al-Qur’an pada lansia di Majelis Taklim Khusnul Khotimah Loano Purworejo Jawa Tengah. Adapun Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan kelompok di Majelis Taklim Khusnul Khotimah Loano Purworejo ada empat yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S. Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: group guidance; motivation; the elderly; membaca Al-Qur'an
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 13:19
Last Modified: 06 Dec 2023 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum