PERLUASAN PANGSA PASAR USAHA MIKRO KECIL (UMK) DALAM INDUSTRI HALAL MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tarmiji Umar Sainaddin Hasibuan, S.Pd., NIM.: 21200011080 (2023) PERLUASAN PANGSA PASAR USAHA MIKRO KECIL (UMK) DALAM INDUSTRI HALAL MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLUASAN PANGSA PASAR USAHA MIKRO KECIL (UMK) DALAM INDUSTRI HALAL MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
21200011080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLUASAN PANGSA PASAR USAHA MIKRO KECIL (UMK) DALAM INDUSTRI HALAL MELALUI SERTIFIKASI HALAL PRODUK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
21200011080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji pengaruh sertifikasi halal terhadap perluasan pangsa pasar Usaha Mikro Kecil (UMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian tentang sertifikasi halal telah banyak dilakukan oleh para sarjana namun dengan melihat sudut pandang konsumen. Tesis ini akan melanjutkan diskursus sertifikasi halal dari sudut pandangan pelaku usaha (produsen). Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan bahasan “komodifikasi” yang dikembangkan oleh Faegah Shirazi. Penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan menerapkan metode analisis menggunakan statistik. Sumber data diperoleh dari penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu, untuk uji keabsahan data menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi dan uji hipotesis, dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal berpengaruh positif terhadap perluasan pangsa pasar produk halal UMK di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan angka persentase 61,2%. Angka tersebut merupakan akumulasi dari lima indikator, yaitu: tingkat produksi, tingkat permintaan, tingkat penawaran, tingkat distribusi dan tingkat persaingan produk. Perluasan pangsa pasar produk halal UMK di Daerah Istimewa Yogyakarta disebabkan oleh adanya label halal yang dicantumkan di produk dan tempat (grobak) jualan sehingga menarik perhatian konsumen Muslim untuk membeli karena dianggap telah pasti halal sesuai dengan Syariat Islam. Selain itu, juga adanya pemasaran produk halal mereka di dunia digital (e-commerce) yang pada akhirnya memberikan peluang pasar global halal di berbagai negara seperti Malaysia dan Jerman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Label Halal; Usaha Mikro Kecil (UMK); Produk Halal Indonesia
Subjects: Bisnis
Industri Halal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Industri dan Bisnis Halal
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 13:24
Last Modified: 06 Dec 2023 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum