KONSEP I‘JAZ AL-TILAWAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAKNAAN AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB I‘JAZ RASM AL-QUR’AN WA I‘JAZ AL-TILAWAH KARYA MUHAMMAD SYAMLUL)

Siti Jubaedah, NIM.: 07530079 (2011) KONSEP I‘JAZ AL-TILAWAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAKNAAN AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB I‘JAZ RASM AL-QUR’AN WA I‘JAZ AL-TILAWAH KARYA MUHAMMAD SYAMLUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP I‘JAZ AL-TILAWAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAKNAAN AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB I‘JAZ RASM AL-QUR’AN WA I‘JAZ AL-TILAWAH KARYA MUH}AMMAD SYAMLUL))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP I‘JAZ AL-TILAWAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAKNAAN AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB I‘JAZ RASM AL-QUR’AN WA I‘JAZ AL-TILAWAH KARYA MUH}AMMAD SYAMLUL))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Membaca al-Qur’an (tilawah) adalah kegiatan yang tidak bisa disamakan dengan membaca teks-teks Arab lain. Dalam membaca al-Qur’an terdapat adabadab yang harus dipatuhi. Mulai kesopanan berpakaian, tempat, keadaan seorang pembaca sendiri harus dalam keadaan suci dan sebagainya. Dari segi cara membaca sendiri tata caranya diatur dalam ilmu tajwid. Karena istimewanya pembacaan al-Qur’an inilah sehingga bacaannya pun merupakan mukjizat. Namun, aspek tilawah ini jarang sekali mendapat perhatian dari para pengkaji. Syamlul, seorang Ulama Mesir, dalam karyanya I‘jaz Rasm al-Qur’an wa I‘jaz al-Tilawah mencoba menjelaskan letak konkrit mukjizat tilawah dengan menggunakan pendekatan tajwid. Beliau menjadikan bacaan riwayah Imam H{afs ‘An ‘A s im sebagai bahan penelitiannya dalam menentukan konsep mukjizat tilawah. Penelitian ini fokus pada permasalahan konsep mukjizat tilawah Syamlul serta implikasinya terhadap pemaknaan al-Qur’an. Selain itu juga mempertanyakan kontribusi Syamlul dalam kajian al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik, yakni dengan menguraikan pemikiran Syamlul mengenai mukjizat tilawah disertai dengan interpretasi dan analisis yang dikuatkan dengan dalil ‘aqli dan naqli (jika ada). Serta dengan menggunakan cara berpikir deduktif-induktif, yang menempatkan kesimpulan kajian Syamlul sebagai teori yang bersifat umum, kemudian dipelajari dan diteliti kembali contoh-contoh ayat yang dipaparkan Syamlul dan selanjutnya ditarik kesimpulan berdasarkan penelitian tersebut. Dengan metode dan cara berpikir tersebut, hasil kajian tidak hanya sebatas pemaparan pemikiran Syamlul saja, akan tetapi berupa penguat bahkan krtitik terhadap konsep mukjizat tilawah yang digagas oleh Syamlul. Demikian juga, kajian ini mampu menstruktur ulang konsep mukjizat tilawah Syamlul sehingga menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. Penelitian Syamlul merupakan hal yang benar-benar baru, karena tidak ditemukan penelitian yang serupa sebelumnya. Namun, hasil penelitian Syamlul juga perlu dipertanyakan jika diterapkan pada qira’ah Imam-imam selain Imam H{ afs. Konsep Syamlul mengenai mukjizat tilawah terfokus pada bunyi ujaran, atau biasa disebut dengan kajian fonologi yaitu dengan memfungsikan bunyi yang terujar didalam kalimat untuk mengeluarkan makna yang dimaksud. Dengan kata lain, ada hubungan semantik antara bunyi suara dengan makna yang sangat berpengaruh terhadap pemaknaan kalimat. Jelasnya, Syamlul memfungsikan hukum-hukum tilawah seperti madd, izhar, idgam, dan hukum-hukum lainnya dalam memaknai ayat-ayat al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Mustaqim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: I‘jaz al-Qur’an, Kemukjizatan al-Qur’an, Kitab I‘jaz Rasm al-Qur’an wa I‘jaz al-Tilawah
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Dec 2023 10:43
Last Modified: 11 Dec 2023 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum