PERANAN DAN FUNGSI UANG DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MUSLIM DI MASA MODERN (STUDI ANALISIS SOSIOLOGI UANG DI INDONESIA)

Nur Wahid, NIM.: 05540016 (2011) PERANAN DAN FUNGSI UANG DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MUSLIM DI MASA MODERN (STUDI ANALISIS SOSIOLOGI UANG DI INDONESIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN DAN FUNGSI UANG DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MUSLIM DI MASA MODERN (STUDI ANALISIS SOSIOLOGI UANG DI INDONESIA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN DAN FUNGSI UANG DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MUSLIM DI MASA MODERN (STUDI ANALISIS SOSIOLOGI UANG DI INDONESIA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum uang didefinisikan sebagai benda-benda yang disetujui oleh masyarakat sebagai alat perantara dalam transaksi perdagangan. Agar bendabenda itu diterima dan disetujui oleh masyarakat haruslah memenuhi syarat-syarat sebagai uang. Syaratnya adalah nilainya tidak mengalami perubahan, mudah dibawa, mudah disimpan tanpa mengurangi nilainya, tahan lama, jumlahnya terbatas dan bendanya mempunyai mutu yang sama. Fungsi asli uang sedari awalnya adalah sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung dan sebagai penyimpan nilai. Sedangkan fungsi turunannya adalah sebagai alat pembayaran, sebagai alat pembayaran utang, sebagai alat penimbun atau pemindah kekayaan dan alat untuk meningkatkan status sosial. Dalam memposisikan uang, terutama mainstream ekonomi, hanya sebatas sebagai alat. Sedangkan uang tidak hanya digunakan dalam wilayah ekonomi semata, tetapi juga digunakan dalam kehidupan masyarakat, baik pada wilayah sosial, budaya maupun keagamaan. Hal ini menunjukkan adanya proses perubahan pada tipe dan penggunaan uang dimasyarakat modern. Skripsi ini membahas mengenai peranan dan fungsi uang dalam kehidupan masyarakat muslim di masa modern, studi analisis sosiologi uang di Indonesia. Adalah sebuah analisis deskpritif untuk mengetahui bagaimana uang dan masyarakat saling mempengaruhi secara timbal balik. Peranan adalah suatu yang menjadi bagian atau memegang peran utama dalam terjadinya suatu peristiwa. Dalam kehidupan masyarakat muslim Indonesia ditengah proses modernisasi, uang merupakan bentuk rasionalisasi yang paling murni. Dimana segala sesuatu dapat dinilai dengan uang. Kondisi tersebut merupakan rasionalisasi yang menjadi ciri dari masyarakat modern. Dengan adanya keterlibatan uang, rasionalisasi semakin nampak dalam tindakan dan hubungan sosial. Fungsi uang yang dimaksudkan disini adalah buah dari fungsi turunannya. Hasilnya uang sebagai bentuk relasi sosial di kehidupan masyarakat. Indonesia sebagai negara mayoritas muslim, dengan kehadiran uang menjadikan relasi yang terbangun atas dasar pertimbangan untung rugi, lahirnya stratifikasi di masyarakat serta menjadikan uang tidak hanya sebagai alat tetapi sekaligus sebagai tujuan. Akibatnya antara uang dan masyarakat ataupun sebaliknya saling mempengaruhi dalam kehidupan masyarakat muslim di Indonesia. Pada akhirnya peranan dan fungsi uang sebagai pendorong modernisasi dalam kehidupan masyarakat muslim di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Masroer, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Uang, Masyarakat Modern, Interpretasi Sosiologi
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Dec 2023 11:04
Last Modified: 11 Dec 2023 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum